Indonesia-Turki Kerjasama Produksi Paracetamol

JagatBisnis.com – Pemerintah Indonesia akan menjalin kerjasama di bidang kesehatan dengan Turki, salah satunya untuk memproduksi obat Paracetamol. Hal tersebut disampaikan Duta Besar Republik Indonesia di Ankara, Muhammad Iqbal, Sabtu (16/10/2021).

“Kemudian kesepakatan untuk melakukan joint development (pengembangan bersama) dan joint production (produksi bersama) untuk Paracetamol,” ungkap Iqbal.

Kesepakatan itu juga muncul usai ada keluhan dari Presiden RI, Joko Widodo, berkenaan dengan produksi bahan baku obat yang terkait kemandirian industri farmasi dalam negeri. Karena hampir sebagian besar obat yang diproduksi, bahan bakunya impot dari luar Indonesia.

“Atas persoalan tersebut, Indonesia berinisasi menjalin kerja sama untuk produksi bersama dengan perusahaan farmasi di Turki. Makanya, kami melakukan eksplorasi kemungkinan melakukan joint production dengan perusahaan di Turki yang sudah mampu memproduksi bahan baku bahan obat tersebut terutama Paracetamol,” ucap Iqbal.

Sebelumnya, pada 12-13 Oktober lalu, Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, mengunjungi Turki untuk membicarakan sejumlah kerja sama kedua negara.
Dalam konferensi resminya, ia menyampaikan kerja sama jangka pendek yang sudah dilakukan di bidang farmasi melalui dukungan obat-obatan terapeutik. Untuk jangka panjang yakni pengadaan bahan baku obat.

“Kunjungan saya di Turki kali ini didampingi tim dari Kementerian Kesehatan, Pertamina dan PT Waskita Karya,” ujar Retno saar konferensi pers daring beberapa hari lalu. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button