Hal yang Dipersiapkan Anak Sebelum PTM Terbatas

JagatBisnis.com – Ditengah pandemi Covid-19, wacana pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka (PTM) mengundang pro dan kontra dari para orangtua. Sejumlah orangtua mengaku dilema dengan wacana pembukaan sekolah di Jakarta. Meski demikian, ada yang wajib dipahami dan dipatuhi jika anak-anak sudah kembali ke sekolah.

“Tentunya pembukaan kembali sekolah harus diikuti dengan penerapan protokol kesehatan dan sekolah aman yang mengutamakan kesehatan dan keselamatan siswa, guru, keluarga dan masyarakat,” kata Water, Sanitation and Hygiene (Wash) Specialist UNICEF Indonesia, Muhammad Zainal, dalam webinar bertema “Perubahan Kecil, Perlindungan Besar”, Selasa (6/4/2021).

Selain itu, lanjutnya, layanan pendidikan selama pandemi juga harus mempertimbangkan kondisi tumbuh kembang dan psikososial siswa. Karena hal itu perlu dilakukan untuk mencegah munculnya klaster sekolah. Apalagi, data Satgas Penanganan Covid-19, menyebutkan, sekitar 14 persen dari total kasus Covid-19 di Indonesia berasal dari anak sekolah.

“Oleh karena itu, anak-anak perlu mendapat edukasi soal protokol kesehatan sebelum kembali ke sekolah. Hal sederhana yang perlu diajarkan adalah berusaha untuk tetap sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup dan olahraga. Hal yang mudah, jangan membuka masker dan rajin mencuci tangan pake sabun,” paparnya.

Dia mengaku, sejalan dengan pemerintah dalam hal pembukaan kembali sekolah untuk PTM. Karena penutupan sekolah akibat pandemi Covid-19 dalam jangka panjang akan berdampak negatif pada anak.

“Di antaranya, meningkatnya risiko anak putus sekolah, kendala tumbuh kembang dan kualitas pembelajaran yang disebabkan adanya perbedaan akses pembelajaran jarak jauh. Selain itu, kesehatan mental dan psikososial karena minimnya interaksi anak dengan guru, teman dan dunia luar,” pungkasnya. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button