Google Photos Kini Tak Gratis Lagi

JagatBisnis.com – Google telah menyetop layanan penyimpanan foto gratis di Google Photos sejak 1 Juni 2021. Maka semua foto ataupun video yang diupload ke layanan itu bakal memotong jatah penyimpanan gratis sebesar 15GB. Keputusan untuk menyetop penyimpanan gratis ini sudah diumumkan sejak November 2020 lalu.

“Langkah ini diambil untuk meningkatkan jumlah pelanggan berbayar Google One, yang biayanya sekitar Rp30 ribu perbulan untuk kapasitas 100GB. Namun, untuk foto yang sudah diunggah ke Google Photos sebelum tanggal 1 Juni tak akan memotong jatah penyimpanan gratis 15GB tersebut,” ungkap Google, Rabu (2/6/2021).

Dijelaskan, nantinya, Google bakal memberikan notifikasi ke pengguna saat kapasitas 15GB gratis itu sudah hampir penuh. Google juga bisa memberikan perkiraan penyimpanan gratis itu bisa bertahan berapa lama, yang dihitung dari rata-rata foto ataupun video yang diunggah.

“Kami pun memberikan fitur baru untuk menyortir foto dan video yang disimpan, yaitu untuk mencari video yang terlalu besar dan foto yang blur. Tujuannya adalah untuk memaksimalkan kapasitas yang tersedia,” ujarnya.

Menurut Google, per November 2020 lalu ada lebih dari 4 triliun foto tersimpan di Google Photos. Lalu, setiap minggunya ada sekitar 28 miliar foto dan video baru yang diunggah ke layanan tersebut. Sebelumnya, Google memang menggratiskan penyimpanan foto terkompresi di Google Photos.

Foto terkompresi ini sebelumnya dinamai Google dengan nama ‘high quality’, yang sebenarnya terbilang cukup untuk penggunaan di perangkat mobile seperti HP dan tablet. Namun ke depannya, foto terkompresi ini akan dinamai ‘storage saver oleh Google.

Penyimpanan foto baru akan memotong jatah saat dilakukan untuk penyimpanan dengan ukuran asli. Pengguna juga bisa memilih untuk mengunggah foto dengan resolusi asli, yang tentunya akan memakan lebih banyak tempat ketimbang yang terkompresi.

Khusus untuk pengguna Google Pixel, ada beberapa kondisi yang berbeda dengan pengguna HP non Pixel.
* Pixel 3A, Pixel 4, Pixel 4A, dan Pixel 5: Bisa menyimpan foto ‘storage saver’ tanpa batas secara gratis.
* Pixel 3: Bisa menyimpan foto ‘original quality’ dan video tanpa batas secara gratis sampai 1 Januari 2022. Setelah itu bisa menyimpan foto ‘storage saver’ tanpa batas secara gratis.
* Pixel 2: Bisa menyimpan foto ‘original quality’ sampai 16 Januari 2021 (sudah berakhir), dan bisa menyimpan foto ‘storage saver’ tanpa batas secara gratis.
* Pixel: Bisa menyimpan foto ‘original quality’ dan video tanpa batas secara gratis selama HP-nya masih menyala. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button