Google Lens Kini Bisa Terjemahkan Teks dari Screenshot

JagatBisnis.com –  Aplikasi penerjemah Google memiliki fitur baru. Kini, Google Lens bisa digunakan untuk menerjemahkan teks pada foto hasil tangkapan layar (screenshot) secara otomatis. Namun, fitur ini baru tersedia pada ponsel yang menjalankan sistem operasi Android 11 atau yang lebih baru saja.

Biasanya, saat pengguna mengambil sebuah screenshot, di bagian bawah layar akan muncul panel aksi cepat untuk berbagi (share) atau menyunting gambar (edit). Nah, kini dengan integrasi screenshot UI pada Android 11, pengguna akan diberikan opsi tambahan, yakni “translate”. Bila mengklik opsi “translate”, pengguna akan dialihkan ke aplikasi Google Lens.

Dengan begitu, ketika pengguna mengunjungi situs berbahasa asing dan mengambil tangkapan layarnya, pengguna bisa langsung menerjemahkan hasil screenshot dengan mengklik opsi “translate” pada panel aksi cepat.
Perlu dicatat bahwa, opsi “translate” tidak akan muncul apabila hasil tangkapan layar tidak memuat teks.

Saat dialihkan ke aplikasi Google Lens, teks yang ada di screenshot akan secara otomatis diterjemahkan ke bahasa Inggris.
Pilihan bahasa bisa diganti melalui menu bahasa yang terletak di sisi atas layar.
Google Lens secara default hanya menyediakan terjemahan otomatis dalam beberapa opsi bahasa. Misalnya, bahasa Inggris, Hawai dan Ibrani.

Namun pengguna tak perlu khawatir, karena bisa menerjemahkan ke bahasa lain, termasuk ke bahasa Indonesia. Pengguna tinggal mengunduh terlebih dahulu paket bahasa yang telah disediakan oleh Google. (esa/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button