Tekno  

Begini Cara Lacak HP Hilang Tanpa Aplikasi hanya Pakai Google

JagatBisnis.com – HP sudah menjadi perangkat yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan saat ini. Karena HP memiliki banyak sekali fungsi, mulai dari berkomunikasi hingga melakukan transaksi perbankan.
Tidak heran, jika HP hilang akan panik karena banyak data penting yang tersimpan di dalam HP.

Data yang terdapat di HP bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Namun tidak perlu khawatir, HP Android yang hilang tetap bisa dilacak keberadaannya tanpa perlu menambah aplikasi apapun untuk melacak HP yang hilang. Cukup dengan memanfaatkan layanan dari Google, sudah bisa mengetahui lokasi HP yang hilang.

Dikutip dari support.google.com, selain menemukan HP, pengguna Android juga bisa mengunci dan menghapus data ponsel yang hilang, dengan hanya menggunakan internet dan tanpa aplikasi.

Baca Juga :   Google: Nilai Ekonomi Digital Indonesia Bisa Tembus USD146 Miliar pada 2025

Mari simak cara untuk melacak HP yang hilang menggunakan Google di bawah ini.

Cara melacak HP Android yang hilang menggunakan Google

1. Membuka situs https://android.com/find, lalu login ke Akun Google yang tersambung dengan HP Anda yang hilang.

2. Klik pada ponsel yang hilang jika memiliki lebih dari satu ponsel.

3. Login dengan Akun Google yang ada di profil utama jika ponsel Anda yang hilang mempunyai lebih dari satu profil pengguna.

Baca Juga :   Keuntungan Induk Perusahaan Google Kuartal l-2021 Mencapai Rp261 Triliun

4. Akan muncul notifikasi pada HP yang hilang dari Google Play Service. Kemudian akan muncul informasi lokasi HP Android Anda yang hilang.

Lokasi yang tertera mungkin tidak akurat atau merupakan lokasi perkiraan. Jika HP Anda tidak ditemukan, Anda bisa melihat lokasi terakhir yang diketahui jika tersedia.

Setelah mengetahui keberadaan ponsel, bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Mendatangi lokasi dan membuat HP berdering selama 5 menit tanpa henti.

2. Klik pada “Putar Suara” agar HP Anda yang hilang bisa berbunyi selama 5 menit meskipun dalam mode silent atau senyap.

3. Klik “Amankan Perangkat”. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengunci ponsel dengan PIN pola, atau sandi. Anda juga bisa menambahkan pesan atau nomor yang bisa dihubungi ke layar kunci.

Baca Juga :   Google Rayakan Hari Perempuan Sedunia dengan Video

4. Klik “Hapus Perangkat”. Dengan memilih fitur ini, data yang terdapat di HP Android Anda akan dihapus secara permanen.

Namun fitur hapus perangkat tidak memungkinkan menghapus data yang terdapat di kartu SD dan tidak bisa mencarinya lagi.

Demikian cara melacak HP Android yang hilang dengan Google dan tanpa aplikasi apapun. Untuk mengantisipasi kejadian kehilangan HP, pasang sandi dan 2-Step verification pada HP Anda. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO