Gerakan Indonesia Bersih Ajak Masyarakat Kelola Sampah

JagatBisnis.com – Untuk mengurangi dampak buruk sampah di masyarakat, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Ikatan Istri Pimpinan (IIP) Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengambil peran melalui “Gerakan Indonesia Bersih”. Ini merupakan program untuk mendukung Gerakan Revolusi Mental yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Untuk mendukung dan melaksanakan gerakan tersebut, kami membentuk sebuah Tim Gerakan Indonesia Bersih yang beranggotakan ibu-ibu dari DWP Kementerian BUMN dan IIP BUMN.
Salah satu kegiatan yang dijalankan ialah Program Bersih-Bersih Sungai,” Ketua Umum IIP BUMN, Liza Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (31/3/2021).

Dijelaskan, #JagaSungaiJagaKehidupan sebagai bentuk dukungan bagi kelestarian sungai sebagai penyangga siklus kehidupan manusia. Program ini merupakan salah satu upaya mengembalikan fungsi dan manfaat sungai bagi manusia dan alam sekitar. Sungai yang bersih, sehat, dan bebas dari sampah pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi kelestarian lingkungan dan membawa perbaikan kualitas hidup masyarakat.

“Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak perilaku manusia yang berdampak buruk terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarangan ke sungai. Banyaknya sampah tidak diimbangi dengan jumlah tempat pembuangan sampah yang memadai, hingga akhirnya masyarakat memilih membuang sampah ke sungai,” tegasnya.

Dia memaparkan, tim Gerakan Indonesia Bersih telah melaksanakan Program Bersih Sungai di Sungai Pagarsih, Kota Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini dilakukan dengan dua kegiatan utama yaitu edukasi pengelolaan sampah dan penataan sarana pra sarana fisik di bantaran sungai. Dalam edukasi pengolahan sampah, masyarakat dibekali pengetahuan untuk memilah sampah rumah tangga, yaitu sampah organik dan anorganik.

“Sementara itu, penataan sarana prasarana di pinggir Sungai Pagarsih dilakukan di dua lokasi yaitu di RW 01 Kelurahan Babakan Taragong dan RW 04 Kelurahan Cibadak, Kota Bandung. Kami mendapat dukungan penuh dari masyarakat sekitar Sungai Pagarsih dan Pemerintah Daerah setempat,” imbuhnya. (eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button