Gali Potensi Ekspor di Daerah, Bea Cukai Tingkatkan Sinergi dengan KADIN

JagatBisnis.com –  Sebagai upaya dalam menggali potensi ekspor serta dalam rangka mendukung pelaku usaha IKM-UMKM meningkatkan daya saing produknya, Bea Cukai Merak, Bea Cukai Madura dan Bea Cukai Kediri lakukan koordinasi dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) di masing-masing daerah.

Plt. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi, Hatta Wardhana, menyampaikan bahwa Bea Cukai berkomitmen untuk memberikan fasilitas dan asistensi perdagangan bagi para pelaku usaha. Untuk mewujudkan komitmen ini, Bea Cukai bersinergi dengan KADIN yang merupakan wadah bagi pengusaha Indonesia dan merupakan induk dari organisasi perusahaan dan pengusaha yang berperan aktif sebagai mitra pemerintah dalam bidang perekonomian.

“Sinergi dengan KADIN merupakan bentuk upaya kami, Bea Cukai dalam menjalankan fungsi sebagai trade facilitator dan industrial assistance. Kami yakin dengan adanya sinergi ini dapat mendorong volume ekspor sehingga akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang dampaknya akan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujar Hatta.

Salah satu betuk sinergi yang dilakukan Bea Cukai dengan KADIN yaitu kunjungan koordinasi. Bea Cukai Merak mendapatkan kunjungan dari KADIN Banten dalam rangka audiensi pembahasan dukungan Bea Cukai pada pengembangan iklim usaha dan industri khususnya bagi para pelaku perekonomian di Provinsi Banten.

Sama halnya dengan Bea Cukai Merak, Bea Cukai Madura juga menerima kunjungan dari KADIN Pamekasan dalam rangka koordinasi terkait usaha menggali potensi ekspor dari daerah. Hal ini sangat selaras dengan program yang dimiliki Bea Cukai Madura dalam mengasistensi eksportir yaitu Klinik Ekspor. Klinik Ekspor sendiri menjadi salah satu inovasi kantor yang tidak hanya memberikan pelayanan maupun sosialisasi, tetapi lebih kepada asistensi terhadap calon eksportir, dalam hal ini adalah IKM-UMKM untuk dapat menembus pasar global. Klinik ekspor ini nantinya juga akan dibentuk pada Bea Cukai Merak.

Hatta menambahkan, sinergi dengan KADIN juga dilakukan oleh Bea Cukai Kediri. Bea Cukai bersama KADIN Kediri serta Pemerintah Kabupaten Jombang memberikan pelatihan prosedur ekspor dan strategi pemasaran digital kepada para pelaku usaha. Dalam acara ini juga diresmikan platform e-commerce omahresale.com. Ini merupakan terobosan digital yang diciptakan oleh kerjasama asosiasi UMKM di Kabupaten Jombang. E-commerce tersebut diharapkan bisa menjadi pasar strategis bagi pelaku UMKM disana. Banyak produk UMKM Jombang yang bisa diterima pasar, contohnya produk kerupuk semiler asal Kecamatan Diwek yang juga telah menjadi oleh-oleh khas Kabupaten Jombang sebelumnya.

“Kami berharap, sinergi antara Bea Cukai dengan Kadin dapat terus berlanjut kedepannya sehingga dapat menciptakan eksportir-eksportir baru yang tangguh dan bisa bersaing di pasar global,” pungkas Hatta.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button