Fasilitasi UMKM, Bea Cukai Gresik Lepas Ekspor Mangga dan Sarang Walet

JagatBisnis.com – Sebagai salah satu upaya dalam mendongkrak perekonomian nasional lewat ekspor, Bea Cukai terus memfasilitasi para pelaku usaha untuk dapat mewujudkan ekspor. Kali ini, Bea Cukai Gresik bersama instansi terkait melakukan pelepasan ekspor mangga Gresik hingga Sarang Walet dan produk olahannya.

Pelepasan ekspor mangga ke Singapura dilakukan dalam rangkaian acara kunjungan Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, ke Kabupaten  Gresik pada Kamis (21/10).
Pelepasan ekspor komoditi buah mangga ini merupakan salah satu bentuk kelanjutan ekspor perdana yang telah dilakukan pada periode bulan Agustus 2021 sebelumnya, dimana Sky Fresh Fruit selaku importir di Singapura tertarik untuk membeli kembali komoditi buah mangga dengan jenis Harum Manis (Grade A) yang diekspor oleh UD WN Mango Sultan dari Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Adapun jumlah mangga sebesar 1.000 kg / 1 MT dan nilai devisa yang dihasilkan sebesar Rp 33.500.000 (USD 2.362,81). Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim I, Padmoyo Tri Wikanto, menyampaikan bahwa kegiatan ekspor ini terwujud berkat pendampingan yang dilakukan Klinik Ekspor pada Kantor Bea Cukai Gresik yang bersinergi dengan para stakeholder ataupun instansi terkait, seperti Kemendag, Diskoperindag, Asosiasi UMKM, serta Atase Perdagangan Singapura yang saling bekerja sama dalam menggali dan mengoptimalkan potensi pasar ekspor UMKM yang ada di Kabupaten Gresik.

Selain itu, Bea Cukai Gresik juga melepas ekspor sarang burung walet dan minuman olahan sarang burung walet asli Gresik di Pendopo Rumah Dinas Bupati Gresik pada Jumat (22/10). Ekspor berupa sarang burung walet seberat 30 Kg dan minuman olahan sarang burung walet sebanyak 1.200 botol dengan total devisa ekspor Rp900.000.000 tujuan Hong Kong.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Diskoperindag, Ketua Asosiasi UMKM GENK ini, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai V, Eko Rudi Hartono sebagai perwakilan dari Bea Cukai Gresik mengatakan “Ekspor kali ini merupakan buah keberhasilan dari tim klinik ekspor Bea Cukai Gresik dan sinergi dengan Pemda Kabupaten Gresik.”

Ia juga menyampaikan kepada para UMKM untuk fokus menjaga kualitas produknya, sehingga Pemerintah Daerah dan Bea Cukai bisa mendampingi dan mengasistensi para pelaku UMKM agar berani ekspor.

“Semoga ekspor ini menjadi pemicu semangat pelaku UMKM yang lain untuk berani ekspor, karena ekspor itu mudah,” pungkas Eko.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button