DMC DD Bantu Sisir Sejumlah Barang Warga yang Tertimbun Puing-puing Rumah hingga Distribusikan Logistik

JagatBisnis.com – Gempa dengan berkekuatan 6.1 SR menggungcang Kabupaten Malang dan Sekitarnya pada Sabtu, 10 April 2021 pukul 14.00. Ada beberapa titik lokasi yang mengalami terdampak parah akibat bencana tersebut seperti di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang dan di Desa Sido Mulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Sejak semalam (Sabtu, 10/04/2021) para tim DMC Dompet Dhuafa terus membantu warga terdampak untuk mensisir sejumlah barang yang tertimpa puing-puing rumah yang runtuh akibat gempa 6.1 SR. Selain itu para tim DMC DD terus mendata sejumlah bangunan dan warga yang terdampak gempa, dari hasil sementara dilapangan berada di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit Kabupaten malang di peroleh 14 rumah rusak, 6 rumah mengalami rusak parah dan 2 jiwa mengalami luka-luka sementara untuk fasilitas umum masih dalam pendataan hingga siang ini (Minggu, 11/04/2021). Sementara di wilayah Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang terdapat 16 rumah mengalami rusak, 51 rumah rusak parah, 1 Masjid mengalami rusak berat dan 2 rusak sedang,” ujar Kholid Abdillah selaku Pimpinan Dompet Dhuafa Jawa Timur.


“Hingga hari ini Minggu (11/4/2021) warga yang mengalami rumah dengan kondisi rusak berat untuk sementara mengungsi di tetangga, sementara para warga bergotong royong membersihkan dan menyisihkan puing-puing di rumah mereka yang roboh maupun rusak berat. Tim DMC DD tutut pula mendirikan pos hangat Desa Majangtengah Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur dan membantu evakuasi barang warga yang tertimbun runtuhan material bangunan. Kami juga melakukan pendistribusian logistik bagi warga yang terdampak,” tambah Kholid.

Sementara pada pagi tadi pukul 06.54 terjadi gempa susulan 5,5 SR sempat membuat warga panik dan berhamburan. Kebutuhan mendesak saat ini waarga membutuhkan bahan pangan mentah yang mendesak, alas tidur dan terpal. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button