Bocoran Gaji TKA Asal China di Indonesia

JagatBisnis.com – Tenaga kerja asing (TKA) asal China mengalir deras masuk Indonesia. walau di masa pandemi. TKA masuk ke Indonesia sebagai tenaga kerja beberapa proyek strategis nasional (PSN), seperti proyek smelter, pembangkit listrik, industri. Padahal TKA China yang datang ke Indonesia bukanlah tenaga ahli.

Ekonom Senior Faisal Basri mengungkapkan gaji TKA asal China di Indonesia. Adapun gaji TKA yang diberi izin masuk oleh pemerintah hanya sekitar Rp17 juta hingga Rp54 juta. Maka dari itu, omong kosong kalau ada pejabat negara menyebut semua TKA yang masuk adalah staf berkeahlian khusus.

“Mereka adalah pengemudi, koki, hingga manajer gudang yang seharusnya bisa digantikan oleh tenaga kerja Indonesia,” tegasnya dalam Core Media Discussion: Waspada Kerugian Negara dalam Investasi Pertambangan, seperti keterangan tertulis, Kamis (14/10/2021).

Dia menjelaskan, sebagian besar TKA itu datang ke Indonesia melalui Bandara Sam Ratulangi, Sulawesi Utara, dan I Gusti Ngurah Rai, Bali. Data Badan Pusat Statistik (BPS), periode Januari 2020-Agustus 2021 secara total ada 33.834 TKA yang masuk ke Indonesia.

“Sebagian besar mereka tidak pakai visa pekerja, tidak bayar iuran yang USD100 dan macam-macam itu. Sehingga mereka tidak berani masuk lewat Bandara Soekaro-Hatta karena takut ketahuan,” pungkasnya. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button