Berlian Ratu Terakhir Prancis Marie Antoinette Laku Dilelang Seharga Rp118 Miliar

JagatBisnis.com – Ratu terakhir Prancis, Marie Antoinette, kembali menarik perhatian dunia. Kali ini berkaitan dengan sepasang gelang berlian miliknya yang laris terjual USD8,34 juta atau Rp112 miliar dalam sebuah lelang Christie di Jenewa, baru-baru ini.
Gelang mewah istri Raja Prancis Louis XVI ini termasuk perhiasan langka dari kerajaan.

Ketua divisi balai lelang Christie’s, Francois Curiel menjelaskan, gelang itu dilapisi 112 berlian dan masing-masing memiliki berat 97 gram.
Aksesori bersejarah ini terjual lebih dari perkiraannya yang semula antara 2 juta dan 4 juta Franc Swiss. Harga akhir termasuk pajak merupakan harga penawaran tertinggi, tapi pembelinya tidak teridentifikasi.

Berita Terkait

“Setelah kematian Antoinette dalam Revolusi Prancis pada 1793, gelang yang telah dipesan sekitar 17 tahun sebelumnya ini diturunkan ke putrinya Marie-Therese. Gelang itu disimpan dalam garis keturunan kerajaan selama lebih dari 200 tahun. Seperti yang terlihat dalam penjualan Jenewa baru-baru ini, pasar untuk permata milik bangsawan terus memberikan hasil sangat baik,” ungkapnya, Kamis (11/11/2021).

Sementara itu, Spesialis perhiasan Christie, Marie-Cecile Cisamolo, mengungkap bukan hanya sejarah yang membuat gelang itu luar biasa, tapi juga ukuran berlian, berkisar antara satu hingga empat karat. Meski sangat sulit untuk menentukan ukuran pastinya, berlian tersebut dipastikan antik.

“Secara total, rumah lelang memperkirakan gelang itu terdiri dari 140 hingga 150 karat berlian. Masing-masing terdiri dari tiga baris permata dan dapat dihubungkan, bahkan dikenakan sebagai kalung,” ungkapnya.

Menurut pihaknya, Marie-Antoinette memesan gelang dari perhiasan Charles August Boehmer di Paris pada 1776, dua tahun setelah naik takhta. Ia membayar 250.000 livre untuk membawa pulang perhiasan tersebut. (*/esa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button