Bendahara ISIS Sami Jasim al-Jaburi Telah Ditangkap, Siapa Dia?

JagatBisnis.com –  Irak mengatakan telah menangkap kepala keuangan kelompok yang menamakan diri Negeri Islam( ISIS) dalam pembedahan di luar negara.

Sami Jasim al- Jaburi ditangkap dalam sebuah” pembedahan eksternal yang lingkungan” oleh Badan Intelijen Nasional Irak, kata Perdana Menteri Mustafa al- Kadhimi dalam sebuah twit, tanpa mengatakan lokasinya secara terperinci.

Dia menambahkan kalau Jasim, yang pula dikenal sebagai Hajji Hamid, merupakan wakil kepala ISIS di dasar mendiang Abu Bakar al- Baghdadi.

Amerika Serikat menawarkan hadiah sebesar$5 juta (Rp71 miliyar lebih) untuk informasi yang menuntun pada penangkapannya.

Web website Reward for Justice kepunyaan FBI menebak kalau Jasim” berfungsi berarti dalam mengelola keuangan untuk pembedahan teroris[ISIS]” dan mengawasi” pembedahan yang menciptakan pemasukan dari penjualan ilegal minyak, gas, benda antik, dan mineral” setelah ISIS merebut sebagian besar wilayah Irak dan Suriah pada 2014.

Para pejabat Irak mengatakan penangkapan Sami Jasim merupakan pukulan telak untuk ISIS.

Tetapi koresponden keamanan BBC News Frank Gardner berkomentar, nilai Jasim untuk aparat keamanan Irak akan didetetapkan oleh informasi yang bisa dia bagikan tentang rencana serbuan. (pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button