Bendahara ISIS Sami Jasim al-Jaburi Telah Ditangkap, Siapa Dia?

Bendahara ISIS Sami Jasim al-Jaburi

JagatBisnis.com –  Irak mengatakan telah menangkap kepala keuangan kelompok yang menamakan diri Negeri Islam( ISIS) dalam pembedahan di luar negara.

Sami Jasim al- Jaburi ditangkap dalam sebuah” pembedahan eksternal yang lingkungan” oleh Badan Intelijen Nasional Irak, kata Perdana Menteri Mustafa al- Kadhimi dalam sebuah twit, tanpa mengatakan lokasinya secara terperinci.

Dia menambahkan kalau Jasim, yang pula dikenal sebagai Hajji Hamid, merupakan wakil kepala ISIS di dasar mendiang Abu Bakar al- Baghdadi.

Baca Juga :   Pimpinan ISIS di Suriah Tewas dalam Serangan Drone

Amerika Serikat menawarkan hadiah sebesar$5 juta (Rp71 miliyar lebih) untuk informasi yang menuntun pada penangkapannya.

Baca Juga :   Situasi Mencekam di Suriah Tewasnya Pemimpin ISIS

Web website Reward for Justice kepunyaan FBI menebak kalau Jasim” berfungsi berarti dalam mengelola keuangan untuk pembedahan teroris[ISIS]” dan mengawasi” pembedahan yang menciptakan pemasukan dari penjualan ilegal minyak, gas, benda antik, dan mineral” setelah ISIS merebut sebagian besar wilayah Irak dan Suriah pada 2014.

Baca Juga :   Dikepung Tentara AS, Pemimpin ISIS Tewas Meledakkan Diri

Para pejabat Irak mengatakan penangkapan Sami Jasim merupakan pukulan telak untuk ISIS.

Tetapi koresponden keamanan BBC News Frank Gardner berkomentar, nilai Jasim untuk aparat keamanan Irak akan didetetapkan oleh informasi yang bisa dia bagikan tentang rencana serbuan. (pia)

MIXADVERT JASAPRO