Bea Cukai Wujudkan Sinergi Antar Instansi Pemerintah

JagatBisnis.com –  Bea Cukai terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan sinergi antar instansi kepemerintahan untuk meningkatkan kinerja di bidang pengawasan dan pelayanan. Kali ini sinergi dilakukan di beberapa daerah diantaranya Bea Cukai di Sumatera Bagian Timur (Sumbagtim), Juanda, Sabang, Pantoloan, Makassar, dan Merauke.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sumbagtim, Dwijo Muryono mengadakan kunjungan ke Kepolisian Daerah Sumatera Selatan yang disambut langsung oleh Kapolda Sumsel, Irjen Pol Eko Indra Heri, dalam rangka asistensi dan peningkatan sinergi pengawasan bersama Polda mencegah penyelundupan di wilayah pengawasan Sumbagtim.

“Kami merasa terbantu karena dukungan dari pihak kepolisian, semoga kita bisa bersinergi, berkolaborasi dan menghasilkan hal yang baik untuk wilayah pengawasan kita,” jelas Dwijo.

Dari daerah Palu, Bea Cukai Pantoloan dengan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) kota Palu menyelenggarakan in-house training yang bertujuan meningkatkan pemahaman seluruh pegawai dalam program hidup sehat tanpa narkoba.

Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan, Alimuddin Lisaw menyampaikan pesan bahwa Bea Cukai tidak ingin generasi muda rusak karena narkoba. “Kita akan terus melakukan segala upaya yang kita punya untuk menindak segala bentuk penyalahgunaan narkoba di negara ini,” jelasnya.

Sementara itu, Bea Cukai Sabang juga menerima undangan sebagai narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dilaksanakan oleh BNN Kota Sabang.
Diharapkan dengan sinergi kegiatan ini dapat menjadi pemicu dalam semangat bersama mewujudkan Kota Sabang yang bersih dari narkoba (BERSINAR).

Masih dari daerah Sabang, Bea Cukai menerima silaturahmi dari Dansub Denpom Sabang, Kapten Cpm Suardi. Pada kunjungannya, Kapten Cpm Suardi mengharapkan kemungkinan kegiatan yang dapat memperkuat sinergi kedepannya. Kemudian, Bea Cukai Sabang kembali menerima kunjungan dari Koordinator RRI Sabang membahas terkait potensi kegiatan bersama dalam memajukan Kota Sabang, khususnya dalam hal sosialisasi terkait Kepabeanan dan Cukai melalui penyiaran radio.

Selain itu, sinergi juga dilakukan Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Eva Arifah Aliyah dengan menghadiri Talkshow yang diselenggarakan oleh Kominfo dengan menggandeng para pelaku UMKM sebagai peserta kegiatan pelatihan untuk diperkenalkan peluang-peluang untuk dapat merambah pasar internasional melalui kegiatan ekspor.

“Jika ada pelaku UMKM yang ingin belajar ekspor, Bea Cukai Makassar akan selalu siap,” ujar Eva.

Kemudian dari daerah Merauke, Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar, menerima kunjungan dari Kantor Imigrasi membahas terkait pelayanan paspor. Imigrasi Merauke menawarkan pembuatan paspor dengan program bernama Eazy Passport yaitu layanan pembuatan paspor kolektif yang dilakukan tanpa perlu bertandang ke kantor imigrasi, melainkan di lokasi di mana si pemohon mengajukan layanan. “Dengan adanya kunjungan ini diharapkan sinergi antara Imigrasi Merauke dan Bea Cukai Merauke semakin erat,” ujar Nazwar.

Sinergi juga terus dilakukan Bea Cukai Juanda berkolaborasi dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) melaksanakan sosialisasi bertajuk Pelayanan Mantap di Era Digital dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kepatuhan pelaku usaha tentang persyaratan dan dokumen yang harus dipenuhi pada pengajuan penerbitan Surat Keterangan Impor (SKI) Bahan Obat dan Obat Analisa Hasil Pengawasan (AHP) dalam rangka impor dan ekspor Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif.

“Berbagai upaya dan sinergi terus dilakukan Bea Cukai untuk mendukung program pemerintah mewujudkan Indonesia dehat dan Indonesia maju,” ungkap Budi Harjanto, Kepala Kantor Bea Cukai Juanda.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button