Bea Cukai Soekarno-Hatta Lancarkan Impor Vaksin dan Alkes Hibah Australia

JagatBisnis.com – Bea Cukai Seokarno-Hatta kembali memberikan pelayanan dalam bentuk pelayanan segera (rush handling) terhadap importasi1.200.000 dosis vaksin Astrazeneca dan1.201.200 buah alat kesehatan (alkes) hibah dari Pemerintah Australia. Kedatangan barang hibah yang menjadi bentuk dukungan Australia terhadap penanganan Covid-19 di Indonesia tersebut merupakan pengiriman tahap pertama dari total hibah 2,5 juta dosis vaksinpada tahun 2021 melalui mekanisme bilateral atau B to B.

“Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 74 Tahun 2021, rush handling merupakan pelayanan kepabeanan diberikan atas barang impor tertentu karena karakteristiknya peka kondisi, dan/atau peka waktu sehingga perlu segera dikeluarkan dari kawasan pabean. Janji layanan rush handling untuk vaksin adalah dua jam sejak permohonan diterima. Selain fasilitas tersebut, atas importasi yang datang pada tanggal 19 November 2021 lalu, Bea Cukai Soekarno-Hatta juga meberikan fasilitas fiskal berupa pembebesan bea masuk, pajak pertambahan nilai (PPN), dan PPh Pasal 22 Impor,” jelas Kepala Kantor Bea Cukai Soekaro-Hatta, Finari Manan, pada Kamis (25/11).

Saat kedatangan barang hibah tersebut, Finari dan Direktur Fasilitas Kepabeanan Bea Cukai, Untung Basuki mendampingi Counselor Development at Australian Embassy Daniel Woods meninjau langsung kegiatan proses pengawasan dan pemeriksaan vaksin Astrazeneca yang dikemas dalam lima belas pallet dan diangkut menggunakan maskapai penerbangan Cathay Pacific (CX 3241), tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.20 WIB yang selanjutnya dibawa ke Gudang Rush Handling PT Jasa Angakasa Semesta.

Finari Manan menerangkan bahwa Bea Cukai Soekarno-Hatta sangat mengapresiasi pemerintah Australia yang mempunyai niat baik kepada pemerintah Indoneisa dan akan selalu memberikan pelayanan sesuai dengan janji layanan agar vaksin tersebut dapat segera memenuhi target program vaksinasi.

“Bea Cukai berusaha memberikan yang terbaik terhadap semua importasi, terlebih lagi jika importasi ini ditujukan untuk kepentingan bersama. Sudah menjadi komitmen kami untuk memberikan pelayanan prima,” ujar Finari.

Seiring dengan terus berjalannya vaksinasi nasional yang dilakukan pemerintah Indonesia, pemerintah juga terus melakukan importasi vaksin demi tercukupinya kebutuhan vaksin untuk masyarakat. Maka dari itu, Finari menegaskan Bea Cukai Soekarno-Hatta akan terus berdedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik selama importasi tersebut berlangsung.(srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button