Bea Cukai Kudus Gencar Sosialisasikan Cukai Kepada Masyarakat

jagatBisnis.com – Dalam rangka memberikan edukasi kepada masyarakat daerah Kudus, Bea Cukai bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Blora, dan Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah melakukan sosialisasi ketentuan di bidang cukai, serta pemanfaatan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau pada Rabu (04/11).

Dalam acara yang berlangsung di Gedung Pertemuan Sekretariat Daerah Blora ini, Een Erliana selaku narasumber dari Biro Perekonomian Provinsi Jawa Tengah. Acara, memaparkan, “alokasi DBH CHT telah ditentukan, diantaranya untuk sosialisasi ketentuan di bidang cukai dan pemberantasan rokok ilegal.”

Selanjutnya Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, menjelaskan “berbagai ketentuan di bidang cukai, mulai dari konsep dasar cukai hingga gempur rokok ilegal adalah program jitu Bea dan Cukai memberantas peredaran rokok ilegal.”

Selain itu, Bea Cukai Kudus turut andil mengedukasi pelajar di lingkungan wilayah Industri Hasil Tembakau (IHT), pada Kamis (05/11). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Perindag Provinsi Jawa Tengah, bertempat di SMA Negeri 1 Pati.

Kaslan, Kepala SMA Negeri 1 Pati, dalam sambutannya menyampaikan, “perlindungan konsumen sangat diperlukan untuk menciptakan rasa aman bagi para konsumen dalam melengkapi kebutuhan hidup. Terutama untuk kita di wilayah Industri Hasil Tembakau ini.”

Dan pada kesempatan ini, Dwi Prasetyo Rini, Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Kudus, kembali mengedukasi tentang jenis barang kena cukai, tujuan pengenaan cukai, dan ciri-ciri rokok ilegal.

“Dan di era digital ini, kita juga harus waspada terhadap maraknya penipuan online shop yang mengatasnamakan Bea Cukai. Salah satu ciri penipuannya adalah meminta pembeli untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening pribadi,“ ujar Rini menambahkan di akhir pemaparannya. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button