Bea Cukai Jatim II Dampingi Wamenkeu Pantau Penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Rokok

JagatBisnis.com – Wakil Menteri Keuangan RI (Wamenkeu RI), Suahasil Nazara memantau penggunaan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) di Desa Jatiguwi, Sumberpucung, Kabupaten Malang, pada tanggal 31/04/2021 lalu. Kunjungan Wamnkeu disambut langsung oleh Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto.

Dalam lawatannya tersebut, Wamenkeu mengingatkan pemerintah daerah agar memanfaatkan DBHCHT sesuai dengan ketentuan. Ia mengatakan pemerintah mencairkan DBHCHT untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong sektor kesehatan serta memperkuat upaya pemberantasan rokok ilegal. Proporsi pemanfaatannya juga telah diatur dalam PMK 206/2020. Ia pun mengatakan alokasi DBHCHT se-Malang Raya tahun 2021 mengalami kenaikan dibandingkan tahun sebelumnya. Kabupaten Malang merupakan kabupaten penerima DBHCHT dengan nilai tertinggi se-Malang Raya dan tertinggi kedua se-Jawa Timur.

“Ketika dana bagi hasil ini dikembalikan ke daerah, masuk ke APBD. Tahun lalu, Kabupaten Malang menerima Rp70 miliar, tahun ini naik Rp80 miliar. Mengapa naik? Penerimaannya naik, dana bagi hasilnya juga naik. Untuk dana pembangunan di daerah, salah satunya juga diambil dari DBHCHT tiap tahunnya. Sehingga ada peningkatan pembangunan di suatu daerah,” ulasnya.

Wamenkeu juga mendapatkan masukan langsung dari petani tembakau serta pemerintah daerah (Pemda) guna perbaikan kebijakan pengelolaan DBHCHT di masa yang akan datang.

“Saya berterima kasih, apalagi ada keinginan Pemda untuk membangun rumah sakit. Tentu ini sangat baik dengan adanya gabungan berupa dukungan dari dunia usaha, masyarakat, dan dukungan APBD. Mohon untuk tetap ada dalam koridor peraturan perundangan yang berlaku,” pesannya.

Dalam kunjungan kerja tersebut pula, Suahasil melakukan lawatan ke Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur II. Kepala Kanwil Bea Cukai Jatim II, Oentaro Wibowo yang menerima kunjungan tersebut memaparkan usaha yang tengah dijalankan kantornya untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) 2022.

Hal ini sontak membuat Suahasil memberikan dukungan penuh agar hal tersebut dapat terwujud, ia pun memberikan pesan kepada seluruh pegawai Kanwil Bea Cukai Jatim II yang tengah mencanangkan pembangunan zona integritas menuju wilayah birokrasi bersih dan melayani 2022. “Saya sangat mengapresiasi semangat kalian untuk terus bekerja mengemban tugas negara, memulihkan ekonomi nasional, dan menjaga penerimaan negara. Saya Dukung Kanwil BC Jatim II mendapat predikat ZI-WBBM 2022. Terus tingkatkan pelayanan bagi Indonesia yang lebih baik!” tutupnya. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button