Bea Cukai Bersama Polairud Gelar Patroli Laut Bersama di Empat Provinsi

JagatBisnis.com – Dalam rangka memperkuat sinergi antar instansi dan meningkatkan pengawasan laut, Bea Cukai bersama dengan Polairud melaksanakan patroli laut bersama yang tersebar di empat provinsi. Patroli laut ini bertujuan untuk menjaga perairan dari berbagai tindak pidana melalui jalur laut, terutama penyelundupan komoditi ilegal.

Empat kantor Bea Cukai tersebut diantaranya, Bea Cukai Pangkalpinang, Bea Cukai Bengkalis, Bea Cukai Meulaboh, dan Bea Cukai Telukbayur.

Bea Cukai Meulaboh bersama Polairud Polda Aceh dan Polairud Polres Aceh Barat melaksanakan patroli laut gabungan di sekitar Kabupaten Aceh Barat sampai Calang Aceh Jaya, pada Senin (01/03). Kemudian, Bea Cukai Pangkalpinang, pada Selasa (02/03) bersama Ditpolairud Polda Prov. Kepulauan Bangka Belitung untuk kedua kalinya melaksanakan patroli laut yang dimulai dengan apel bersama bertempat di Dermaga Ditpolairud Polda Babel, Pangkalpinang.

Plh. Kasubdit Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai, Hatta Wardhana menjelaskan, patroli laut bersama kali ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama antara Bea Cukai dan Badan Pemelihara Keamanan Kepolisian Negara Republik Indonesia yang meliputi pertukaran data dan/atau informasi, kegiatan patroli, dan latihan patroli bersama antara Korpolairud dengan Bea Cukai.

“Patroli laut gabungan merupakan wujud nyata tindak lanjut dari perjanjian ini. Disamping itu, sinergi Bea Cukai dan Polrairud harus selalu kita jaga karena mengamankan laut merupakan tanggung jawab bersama,” ujarnya.

Menurut Hatta, dengan dilaksanakannya patroli laut bersama ini, diharapkan dapat meningkatkan koordinasi dan sinergi Bea Cukai dan Polri dalam mengawasi kepatuhan masyarakat dan menekan pemasukan barang ilegal sehingga mampu menciptakan situasi kondusif terhadap industri dalam negeri serta kedaulatan negara.

Patroli laut gabungan juga sebelumnya telah dilaksanakan untuk periode bulan Februari 2021 oleh Bea Cukai Bengkalis dan Bea Cukai Teluk Bayur pada Sabtu (20/02) hingga Rabu (24/02) di masing-masing wilayah pemgawasan.

Dalam pelaksanaan patroli oleh Bea Cukai Bengkalis, tim gabungan melakukan pemeriksaan terhadap dua kapal kayu yang melintas dan setelah dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran, sehingga dipersilahkan untuk melanjutkan perjalanan. Begitu juga dengan Bea Cukai Telukbayur yang bersama Polairud Polda Sumbar melakukan kegiatan pemeriksaan kapal terhadap beberapa sarana pengangkut yang datang dari luar Indonesia, dan hasil dari pemeriksaan tidak ditemukan pelanggaran.

“Tujuan dari kegiatan patroli bersama yaitu sebagai tindakan preventif atas pemasukan narkoba dan barang-barang ilegal lainnya, serta memastikan kapal yang melintasi perairan Indonesia dilengkapi dokumen sah untuk berlayar,” ungkap Hatta.

Diharapkan dengan adanya kegiatan patroli gabungan ini dapat meningkatkan sinergi antara Bea Cukai dengan Polairud dalam menjaga perairan Indonesia. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button