Bea Cukai Berbagi Kepada Masyarakat Terdampak Bencana Alam

JagatBisnis.com – Memasuki tahun 2021, beberapa daerah di Indonesia mengalami bencana alam, baik berupa gempa bumi atau banjir karena curah hujan yang tinggi. Untuk membantu masyarakat yang terdampak karena bencana alam ini, Bea Cukai menyalurkan bantuan di beberapa daerah, yaitu Sulawesi Barat, Kalimantan Selatan, dan Kudus.

Pada kesempatan ini, Bea Cukai Parepare bersama dengan pegawai Kementerian Keuangan melalui wadah Kemenkeu Peduli, membagikan bantuan berupa sembako, selimut, tenda, obat-obatan yang disalurkan langsung di beberapa titik pengungsian. Seperti di Desa Mekkatta, Kecamatan Ulumanda serta beberapa posko pengungsian di poros Majene Mamuju untuk kemudian di salurkan ke wilayah yang sulit dijangkau.

“Kami akan terus bekerja sama dan berkoordinasi dengan berbagai pihak dalam penyaluran bantuan kepada korban bencana gempa di Majene dan Mamuju, sebagai bentuk kepedulian dan ketulusan Bea Cukai bersama Kemenkeu Sulawesi Barat kepada masyarakat, dan kami berharap kondisi disini dapat segera pulih,” ungkap Nugroho Wigijarto, Kepala Kantor Bea Cukai Parepare.

Sementara itu, Bea Cukai Maumere juga menyerahkan bantuan berupa sejumlah paket sembako dan berbagai kebutuhan pokok lainnya kepada Posko Donasi Bantuan bagi korban bencana alam yang dibuka oleh Pangkalan TNI AL Maumere (Lanal Maumere).

Bantuan yang diterima langsung oleh personil Lanal Maumere tersebut selanjutnya dikumpulkan dengan bantuan atau sumbangan dari pihak lainnya dan nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak bencana alam diantaranya korban gempa di Sulawesi Barat, banjir di Kalimantan Selatan dan dibeberapa daerah lainnya menggunakan kapal perang RI.

Selain itu, Kanwil Bea Cukai Kalbagsel yang diwakili oleh Ishak Fauzi, Kepala Bagian Umum didampingi Hasanudin, Kasubbag Keuangan, mendatangi kantor BPBD Kota Banjarmasin untuk menyerahkan bantuan sembako untuk masyarakat terdampak banjir di Provinsi Kalimantan Selatan.
Bantuan tersebut secara simbolis diterima oleh Budian Noor selaku Plh. Kepala Pelaksana BPBD Kota Banjarmasin.

“Bantuan ini merupakan hasil penggalangan dana dari pegawai Kanwil Bea Cukai Kalbagsel dengan Asosiasi Pengusaha Kawasan Berikat, sebagai bentuk kepedulian kami kepada warga terdampak banjir. Dan kami berharap bantuan sembako ini bermanfaat sebagai pasokan logistik masyarakat,” ujar Ishak.

Dan pada Jumat (05/02), para pegawai Bea Cukai Kudus melakukan pengumpulan donasi untuk membantu masyarakat sekitar Kudus yang terdampak banjir. Bantuan yang terkumpul berupa sembako dan diserahkan kepada pengurus gudang logistik penanganan bencana Kabupaten Kudus untuk mendistribusikan.

“Bantuan logistik yang diberikan selain bahan makanan, juga berupa masker medis. Kami berharap wilayah yang terdampak dapat segera pulih, dan bantuan ini dapat meringankan masyarakat disana,” ujar Gatot Sugeng Wibowo, Kepala Kantor Bea Cukai Kudus. (srv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button