Bagi Pengidap Diabetes Hindari 8 Makanan Ini

JagatBisnis.com – Apa saja makanan penyebab asam urat yang sangat menyakitkan, yang mungkin Anda tidak sadar dan selalu mengonsumsinya? Padahal jika Anda memiliki risiko tinggi terkena asam urat, deretan makanan ini harus segera dihindari bahkan sama sekali jangan dikonsumsi meskipun rasanya enak sekali.

Tetapi sebelumnya Anda harus tahu, jika ada makanan juga yang membantu melindungi dari serangan asam urat. Ini termasuk makanan susu rendah lemak, karbohidrat kompleks, kopi, dan buah-buahan, terutama. Anda juga harus memastikan untuk minum 12 hingga 16 cangkir air putih setiap hari.

Kerang
Kerang boleh saja untuk sesekali memanjakan, tetapi Anda harus menguranginya — dan semua jenis daging dan makanan laut. Makanan hewani ini kaya akan purin, yang dipecah tubuh menjadi asam urat.

Anda memiliki sedikit lebih banyak kebebasan dalam pilihan makanan saat asam urat hilang. Tetapi tetap merupakan ide yang baik untuk menjaga asupan daging dan makanan laut seminimal mungkin — paling banyak 100 hingga 150 gram setiap hari.

Ikan Teri
Sama seperti kerang, teri juga kaya akan purin yang akan dipecah tubuh menjadi asam urat. Untuk itu hindari sebisa mungkin jika Anda kerap merasakan kesakitan akibat asam urat.

Daging merah

Semua daging tidak diciptakan sama dalam hal kandungan purin: Daging putih umumnya lebih baik daripada merah. Tapi tidak apa-apa untuk makan beberapa jenis daging domba sesekali. Anda sedikit lebih baik jika kesenangan Anda sesekali adalah daging sapi atau babi daripada domba. Dan daging domba adalah pilihan yang lebih baik.

Kalkun
Kalkun dan angsa mengandung purin lebih tinggi daripada jenis makanan lainnya, jadi sebaiknya dihindari. Dan orang yang rentan asam urat juga harus menjaga asupan permainan liar mereka seminimal mungkin. Ayam dan bebek adalah pilihan yang paling aman.

Bir
Minum bir adalah pukulan ganda bagi orang yang rentan asam urat. Tidak hanya meningkatkan kadar asam urat Anda, bir juga mempersulit tubuh Anda untuk membersihkan zat ini dari sistem Anda.

Anggur adalah pilihan yang lebih baik, tetapi minum berat adalah ide yang buruk untuk semua orang, dan orang yang terkena asam urat tidak terkecuali, kata Sandon, juru bicara American Dietetic Association. Selama serangan asam urat, dokter biasanya akan menyarankan Anda untuk tidak minum alkohol sama sekali.

Minuman Manis
Hindari minuman yang dimaniskan dengan sirup jagung fruktosa tinggi, seperti soda non-diet atau minuman “buah”. Menenggak minuman ini bukan hanya cara mudah untuk menambah berat badan. Pemanis akan merangsang tubuh untuk memproduksi lebih banyak asam urat.

Sebuah penelitian menemukan bahwa pria yang mengonsumsi banyak fruktosa berisiko lebih tinggi terkena asam urat; pada tahun 2010 tim peneliti yang sama melaporkan bahwa minum minuman manis fruktosa setiap hari, dibandingkan dengan mengonsumsi kurang dari satu gelas sebulan, juga meningkatkan risiko asam urat pada wanita.

Jeroan
Daging organ, seperti hati, ginjal, dan roti manis, adalah larangan utama.

 

Asparagus
Asparagus, kembang kol, bayam, dan jamur lebih tinggi purin dibandingkan sayuran lainnya. Tetapi jika Anda menyukai makanan ini, tidak ada alasan untuk menghindarinya sama sekali, kata Sandon.

“Tentu saja Anda tidak ingin menjadi liar dengan sayuran purin tinggi ini, tetapi tampaknya tidak menjadi masalah seperti dagingnya,” tambahnya.

Diet kaya sayuran sebenarnya membantu Anda membersihkan purin dari tubuh, menurut Sandon, sementara tubuh tampaknya lebih mudah mengeluarkan purin dari sumber nabati.(pia)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button