Anies Baswedan: Kini Cipinang Melayu Tak Kebanjiran Lagi

JagatBisnis.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memposting sebuah foto analogi banjir dari dini ia berprofesi sekitar 2017 dan tahun 2021. Saat itu, banjir di kawasan Cipinang Melayu, Jakarta Timur lebih dari satu meter. Anies tiba ke situ untuk melihat situasi masyarakat yang terdampak banjir.

Rabu 10 Februari 2021 dari akun [email protected], Anies unggah 2 foto yang dijadikan satu. Foto saat ia bertemu dengan Bunda Rumiati tahun 2017 yang tergenang banjir dan foto tahun 2021 dengan orang yang serupa dan tanpa banjir. Padahal saat ini masa penghujan.

Berita Terkait

Demikian ini uraian Anies pertanyaan potret- potret yang diunggahnya itu:

Foto awal merupakan kala awal kali bertemu dengan Bunda Rumiati, masyarakat RW 04 Cipinang Melayu pada era kampanye 2017. Senang sekali tadi malam bisa bertemu kembali dengan dia dalam kondisi segar dan tidak berbasah- basahan.

Alhamdulillah, tahun ini dapat kembali mengunjungi RW 04 kelurahan Cipinang Melayu. Kampung yang dilewati Kali Sunter ini biasanya kalau musim hujan akan terjadi banjir yang amat tinggi, bahkan tahun lalu terendam sampai 3 meter. Tapi pada musim penghujan kali ini tak diterjang banjir.

Belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta berupaya keras menanggulangi banjir di Kampung Cipinang Melayu ini. Kita memberikan perhatian dan penanganan menyeluruh dari hulu Kali Sunter yang kerap kali menjadi penyebab utama dari luapan air ke kampung tersebut.

Jajaran Pemprov DKI melakukan kegiatan Gerebek Lumpur dengan mengerahkan 15 eskavator di tanggul-tanggul dekat aliran Kali Sunter dan membuat sodetan sehingga debit air yang mengalir di Kali Sunter menjadi lebih terkendali.

Di sisi selatan Jakarta Timur Waduk Pondok Ranggon dan Waduk Tiu dikeruk lalu kemudian disiapkan sodetan khusus sehingga air Kali Sunter dialirkan dan ditahan di waduk, baru mengalir ke sini dengan volume debit yang lebih terkontrol.

Atas izin Allah SWT ikhtiar itu dimudahkan. Kita semua patut bersyukur karena warga kawasan RW 04 dan RW 03 Cipinang Melayu bisa merasakan musim penghujan tanpa kebanjiran.

Meskipun demikian, kita masih memiliki pekerjaan rumah untuk memastikan kembali tak ada banjir di Cipinang Melayu, salah satunya adalah menuntaskan pembuatan tanggul di sepanjang RW 04 dan 03 Cipinang Melayu, karena kini tanggul tersebut masih bersifat temporer. #JagaJakarta. (ser)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button