Alami Penyakit Langka, Bayi di Brasil Memiliki Buntut

JagatBisnis.com –  Para dokter di Brasil dibuat terkejut dengan lahirnya seorang bayi laki-laki yang mengalami kelainan bawaan langka. Anak tersebut lahir dengan memiliki ekor sepanjang 12 cm dengan bola di ujungnya selebar 4 cm. Bahkan, ekor tersebut terus memanjang.

Seperti dikutip India Times, Selasa (9/11/2021), bayi prematur itu lahir di Rumah Sakit Anak Albert Sabin di Fortaleza, Brasil. Para dokter memutuskan melakukan operasi untuk memotong daging ekor tersebut.
Saat usia kandungan 35 minggu, bayi itu dilahirkan tanpa komplikasi.

Berita Terkait

“Namun sejak dalam kandungan, bayi itu divonis memiliki posterior sepanjang 6 inci dengan bola selebar 1,5 inci di ujungnya.
Walau ekor tersebut sempat diserap ke dalam tubuh setelah beberapa minggu kehamilan. Tapi, menjelang kelahiran ekornya terus tumbuh,” kata seorang dokter di RS tersebut.

Menurut dokter itu, ekor bayi tidak mengandung tulang rawan dan tulang.
Ini adalah contoh langka dari ekor manusia sejati. Sedang bola pada ujung ekor dikatakan mengandung lemak dan jaringan ikat embrio, isi jaringan bola itu. Ekor bayi itu mulai tumbuh di dalam rahim, seperti bayi pada umumnya, ia mengembangkan pelengkap embrio sekitar empat hingga delapan minggu setelah kehamilan.

“Kasus ini sangat langka. Karena hanya ada sekitar 40 kasus manusia nyata yang pernah tercatat memiliki ekor. Menurut para ilmuwan, manusia berekor pertama dilaporkan berasal dari abad ke-19.
Keberadaan ekor manusia sejati pada neonatus merupakan anomali kongenital yang langka dan harus diselidiki melalui pemeriksaan fisik dan radiologis secara komprehensif,” tutup dokter di Brasil itu. (*/eva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button