Ekbis  

PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog Sepakat Bangun Ekosistem Pertanian Nasional

PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog Sepakat Bangun Ekosistem Pertanian Nasional. foto dok ksdae.menlhk.go.id

JagatBisnis.com – PT Sang Hyang Seri (SHS) dan Perum Bulog telah menggandengkan diri dalam sebuah kerja sama strategis yang bertujuan untuk memperkuat ekosistem pertanian nasional serta meningkatkan kesejahteraan petani. Nota Kesepahaman (MoU) antara kedua perusahaan telah resmi ditandatangani, menandai langkah awal dalam kolaborasi mereka.

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri, Adhi Cahyono Nugroho, menyatakan keyakinannya bahwa kerja sama ini akan berkontribusi signifikan terhadap upaya pemerintah dalam meningkatkan produktivitas pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia. “Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang erat antara BUMN Pangan ini, kita dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap ketahanan pangan nasional,” ujarnya pada Rabu (10/7).

Kerja sama ini meliputi empat fokus utama:

Baca Juga :   Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan, Perum Bulog Perkuat CBP 

1. Peningkatan Produktivitas Hasil Panen:
Melalui pendekatan budidaya intensif dan penerapan teknologi terkini, PT Sang Hyang Seri dan Bulog berkomitmen untuk meningkatkan hasil panen para petani. Langkah ini diharapkan akan memberikan kontribusi positif yang signifikan terhadap ketahanan pangan nasional.

2. Penyediaan Sarana Produksi:
PT Sang Hyang Seri akan menyediakan berbagai sarana produksi seperti benih unggul, pupuk, dan pestisida berkualitas tinggi untuk mendukung kegiatan budidaya para petani. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa para petani memiliki akses yang memadai terhadap sumber daya penting ini.

Baca Juga :   BULOG Beberkan Keberhasilan Bantuan Pangan Beras Menahan Laju Inflasi

3. Pendampingan Budidaya:
Kerja sama ini juga mencakup pendampingan teknis bagi petani. PT Sang Hyang Seri dan Bulog akan memberikan pelatihan dan konsultasi mengenai teknik budidaya yang efektif dan efisien. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan produktivitas pertanian melalui penerapan praktik terbaik.

4. Pelaksanaan Offtake Hasil Panen:
Sebagai bagian dari kerja sama ini, Bulog akan memastikan adanya penyerapan hasil panen petani dengan harga yang wajar dan kompetitif. Hal ini bertujuan untuk mengamankan seluruh rantai pasok pertanian sehingga kegiatan produksi petani dapat berjalan lancar dan berkelanjutan.

Baca Juga :   Stabilkan Pasokan dan Harga Pangan, Perum Bulog Perkuat CBP 

Kerja sama strategis antara PT Sang Hyang Seri dan Perum Bulog ini diharapkan tidak hanya mendukung peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani, tetapi juga memberikan dorongan besar terhadap ketahanan pangan nasional Indonesia. Langkah-langkah konkret yang diambil dalam empat fokus kerja sama ini diharapkan mampu memberikan solusi bagi tantangan yang dihadapi dalam sektor pertanian. (Zan)

MIXADVERT JASAPRO