Presiden Jokowi Ucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke-78 dan Apresiasi Kinerja Polri

Presiden Jokowi Ucapkan Selamat HUT Bhayangkara ke-78 dan Apresiasi Kinerja Polri. foto : dok kemhan.go.id

JagatBisnis.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, mengucapkan selamat ulang tahun ke-78 kepada seluruh keluarga besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) di seluruh Indonesia. Dalam pidato peringatan ini, Presiden juga mengapresiasi keras dan dedikasi yang ditunjukkan oleh semua anggota Polri dalam menjaga stabilitas dan keamanan selama proses demokrasi Pemilu 2024 serta dalam pembangunan nasional.

“Polri memiliki peran sentral dalam masyarakat, selalu terlibat langsung dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. Polri tidak pernah beristirahat. Mereka ada di mana-mana, tidak ada wilayah yang terlewat bagi Polri. Namun, hal ini juga berarti bahwa masyarakat melihat secara langsung setiap tindakan dan gerak langkah Polri,” ujar Presiden Jokowi dalam amanatnya saat menjadi inspektur upacara dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024, yang berlangsung pada Senin (01/07).

Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan kepuasannya terhadap hasil survei terbaru yang menunjukkan citra Polri semakin membaik, bahkan menempati peringkat kedua tertinggi. Menurut beliau, pencapaian ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan mengingat tantangan ke depan yang semakin kompleks dan penuh ketidakpastian, baik dari segi geopolitik, ekonomi, teknologi, maupun perubahan iklim.

Baca Juga :   Polri Kerahkan Tim Gabungan Investigasi Asal Api Penyebab Kebakaran TBBM Plumpang

“Bagaimana caranya? Dengan berkomunikasi secara efektif kepada publik, dengan memberikan teladan, dengan membangun etika pelayanan yang berorientasi pada kepentingan masyarakat,” tambah Presiden.

Baca Juga :   Politisi PDIP Anggap Wacana Presiden 3 Periode Hal yang Realistis

Presiden juga menekankan perlunya Polri untuk semakin lincah, adaptif, dan memiliki strategi yang cerdas, serta menjadi pengikat dan penjaga keberagaman bangsa. Beliau menegaskan pentingnya profesionalitas dan keadilan dalam penegakan hukum, serta kemampuan teknis yang unggul dalam menghadapi pelaku kejahatan yang semakin canggih dan kompleks.

“Khususnya dalam menghadapi kejahatan transnasional yang semakin rumit, Polri harus mampu mengikuti perkembangan teknologi dan menjalin kerja sama untuk memperkuat keamanan negara kita,” tegas Presiden.

Menutup amanatnya, Presiden menyoroti pentingnya dukungan Polri dalam menjaga netralitas, stabilitas, dan mendukung jalannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 secara aman, jujur, dan adil.

Baca Juga :   Perpol Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga Resmi Diundangkan

“Selamat Hari Bhayangkara ke-78. Jadilah bagian dari insan Bhayangkara yang menjunjung tinggi prinsip Tribrata Polri, yang solid di dalamnya dan sinergis di luar, terutama dengan TNI, serta setia dalam melayani dan melindungi masyarakat. Dirgahayu Polri!” pungkas Presiden Jokowi.

Dengan pidato ini, Presiden Jokowi tidak hanya menyampaikan apresiasi, tetapi juga menegaskan komitmen pemerintah dalam mendukung dan memperkuat peran strategis Polri dalam menjaga keamanan dan menegakkan hukum di Indonesia. (Mhd)

MIXADVERT JASAPRO