Nurul Akmal, Atlet Ke-21 yang Resmi Lolos ke Olimpiade Paris 2024

jagatbisnis.com –  Lifter asal Aceh, Nurul Akmal memastikan diri sebagai atlet ke-21 yang akan mewakili Tim Indonesia di Olimpiade Paris 2024.

Hal itu dipastikan melalui rilis resmi yang dikeluarkan International Weightlifting Federation (IWF) pada Senin (3/6/2024). IWF mengumukan Olympic Qualification Ranking final atlet-atlet yang akan berlaga di Paris 2024.

Nurul Akmal sebenarnya berada di peringkat ke-11 dari 10 atlet terbaik dunia di kelas +81kg yang lolos ke Paris 2024. Namun, Nurul Akmal yang akrab disapa Amel itu dipastikan melenggang ke Paris 2024 usai mendapatkan realokasi tiket dari zona kontinental Asia.

“Jadi memang ini pengumumannya agak terlambat, karena kasusnya di kelas Amel sudah terwakilkan 5 benua yang akan tampil di Paris 2024. Jika kelima benua terwakili dalam kategori berat badan, tempat kuota Kontinental akan dialokasikan kepada atlet yang memenuhi syarat dengan peringkat tertinggi berikutnya dalam kategori berat yang sama (apa pun Benuanya), dengan menghormati kuota maksimum per gender dan per NOC,” kata Dirdja Wihardja, Kepala Pelatih Timnas Angkat Besi.

Buat Amel, ini jadi kali kedua ia tampil di Olimpiade setelah debutnya di Tokyo 2020. Kala itu, lifter kelahiran Tanah Luas, Aceh 12 Februari 1993 tersebut finis di urutan kelima di kelas +87kg dengan catatan angkatan snatch 115kg dan clean and jerk 141kg.

“Yang jelas kami sudah mempersiapkan dan memaksimalkan sebaik mungkin. Lifter Indonesia jarang yang lolos di kelas berat. Ini penampilan kedua Amel, semoga bisa memberikan yang terbaik dan kami akan memberikan dukungan dari segala sisi untuk Amel dan tim angkat besi Indonesia,” kata Dirdja.

Sementara itu, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (National Olympic Committee/NOC) Indonesia Raja Sapta Oktohari memberikan apresiasi tinggi buat Amel yang berhasil lolos ke Olimpiade untuk kedua kalinya. Ia berharap di Paris 2024, Amel bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.

“Pengumuman resmi Amel lolos ke Olimpaide dari IWF ini menjadi salah satu yang kami tunggu. Selain masih ada beberapa cabor lain yang masih kualifikasi dan kami tunggu juga pengumuman resmi kelolosannya,” ujar Okto, sapaan karib Raja Sapta Oktohari.

“Semoga Amel bisa memberikan yang terbaik. Apalagi sekarang sudah ada support system dari suaminya yang menjadi motivasi baru dan spesial buat Amel di Paris nanti,” tutupnya.

Termasuk Nurul, saat ini Tim Indonesia telah meloloskan 21 atlet dari sembilan cabang olahraga ke Olimpiade Paris 2024.

Di antaranya adalah dua atlet dari cabang olahraga panahan, Rifda Irfanaluthfi dari gymnastic, Fathur Gustafian dari menembak, Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Rahmat Adi Mulyono dari sport climbing, Rio Waida dari surfing, Rizki Juniansyah dan Eko Yuli Irawan dari angkat besi, serta La Memo dari Rowing.

Di cabang bulutangkis, Tim Indonesia diwakili 9 atlet, yakni Jonatan Christie dan Anthony Sinisuk Ginting di tunggal putra, Gregoria Mariska Tunjung di tunggal putri, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di ganda putra, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di ganda putri, dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran. (Hfz)

MIXADVERT JASAPRO