Ekbis  

GoTo Gojek Tokopedia (GOTO) Divestasi GoSend Senilai Rp 14,7 Miliar

jagatbisnis.com – JAKARTA. Emiten teknologi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) telah menuntaskan divestasi 100% saham kepemilikannya di PT Paket Anak Bangsa (PAB) alias GoSend pada 7 Mei 2024.

Sekretaris Perusahaan GoTo R A Koesoemohadiani menjelaskan, sehubungan dengan transaksi ini, GOTO dan para pembeli telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Saham pada 29 April 2024.

“GOTO telah mengalihkan 2,35 juta saham milik perseroan di Paket Anak Bangsa kepada para pembeli dengan total harga penjualan sebesar Rp 14,7 miliar secara tunai,” jelasnya dalam keterbukaan informasi, Kamis (9/5).

Alhasil, GOTO tidak lagi mengendalikan PT Paket Anak Bangsa dan anak-anak perusahaannya, yakni PT Swift Shipment Solutions dan PT Swift Logistics Solutions sejak 7 Mei 2024.

“Transaksi ini dilaksanakan sebagai bagian dari restrukturisasi internal dan penataan kembali prioritas bisnis GOTO,” kata wanita yang akrab dipanggil Diani ini.

Ini sejalan dengan adanya perubahan pada segmen e-commerce GOTO, lanjut Diani, sehingga pihaknya juga perlu menyesuaikan prioritas bisnis dengan meninjau dan merestrukturisasi unit bisnis logistik.

“Kami meninjau bisnis logistik GOTO yang termasuk berbagai bisnis pengiriman atau delivery dan penyelesaian atau fulfillment yang mendukung PT Tokopedia,” jelasnya.

Diani memastikan transaksi ini tidak berdampak kepada GoSend, layanan pengiriman antara konsumen ke konsumen yang pada aplikasi Gojek merupakan bagian dari segmen bisnis On-Demand Services.

Ke depannya, manajemen GOTO berharap dapat meningkatkan pertumbuhan basis demografi pengguna yang lebih luas pada unit bisnis On-Demand Services dan Financial Technology secara lebih efisien. (Hfz)