Ekbis  

Perusahaan Asal Yogyakarta Ini Sukses Ekspor Produk Sarung Tangan ke Pasar Australia

jagatbisnis.com – Yogyakarta 07-05-2024 – Manfaatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor untuk industri kecil dan menengah (KITE IKM) dari Bea Cukai, PT Sukses Komerindo berhasil lepas ekspor perdana sarung tangan ke Australia. Ekspor ini dilakukan pada Selasa (30/04) melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang.

Melalui fasilitas KITE IKM, PT Sukses Komerindo mendapatkan keuntungan berupa pembebasan bea masuk dan tidak dipungut PPN/PPnBM untuk impor bahan baku, mesin dan barang contoh. Hal ini sesuai dengan peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 177/PMK.04/2016 jo.110/PMK.04/2019.

“Untuk jumlah sarung tangan yang berhasil diekspor sebanyak 20 karton atau 5.868 pcs,” ungkap Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Bea Cukai Yogyakarta, Riri Riani.

Ia juga menegaskan bahwa pemberian fasilitas ini merupakan salah satu bentuk fungsi Bea Cukai sebagai trade facilitator dan industrial assistance. “Ini adalah komitmen Bea Cukai dalam mendukung industri dalam negeri agar dapat bersaing dan melebarkan pangsa pasar ke level internasional.”

“Ke depan, semoga fasilitas kepabeanan ini dapat memberi manfaat dan kemudahan bagi PT Sukses Komerindo dan pelaku usaha lainnya di Yogygakarta, sehingga dapat menunjang lancarnya roda perekonomian nasional,” tutupnya. (Hfz)