Jokowi Kembali Ingatkan Agar Rencana Kerja Pusat dan Daerah Harus Sinkron

jagatbisnis.com – JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan kepada pemerintah daerah untuk melakukan sinkronisasi rencana kerja dengan pemerintah pusat.

Jokowi mengatakan pemerintah pusat telah menyiapkan rencana kerja pemerintah (RKP) jangka menengah dan panjang. Namun, ia menilai RKP ini tidak akan tercapai jika tidak ada sinkronisasi antara pemerintah daerah dan pusat.

“Sinkronisasi menjadi kunci pembangunan,” kata Jokowi dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional 2024 di JCC Senayan Jakarta, Senin (6/5).

Jokowi mencontohkan beberapa kasus yang kerap terjadi dalam merancang pembangunan. Misalnya saat pemerintah pusat membangun bendungan untuk irigasi sawah masyarakat. Namun dari pemda tidak langsung mengindahkan keberlanjutan program tersebut untuk membangun irigasi dengan dalih tidak memiliki anggaran daerah.

Padahal, kata Jokowi, Pemda  sebelumnya telah menyanggupi rencana program itu.

“Ini yang namanya tidak sinkron dan tidak seirama. Padahal semua harus in line dengan RKP jangka menengah dan jangka panjang, harus in line dari kementerian hingga daerah,” tegas Jokowi.

Di sisi lain, Jokowi mengingatkan saat ini pemerintah harus bijak dalam penggunaan anggaran di tengah ketegangan global yang memperparah ketidakpastian ekonomi dunia pasca pandemi Covid-19.

Bahkan, ia menyebutkan beberapa negara seperti Jepang, Inggris dan Eropa telah memasuki jurang resesi karena kondisi ini.

“Oleh sebab kita dalam mengelola fiskal mengelola anggaran harus betul-betul hati-hati. Jangan sampai uang satu rupiah meleset dari rencana yang sudah dibuat,” tutup Jokowi. (Hfz)