Peresmian Haka Auto Showroom Cibubur, BYD Teken MoU Dengan PLN Icon Plus untuk Pengembangan dan Kemudahan Akses Kendaraan Listrik

jagatbisnis.com – Peresmian Diler BYD Haka Auto Showroom Cibubur yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 April 2024 menjadi komitmen BYD dalam meningkatkan dan mempermudah akses bagi penggunaan kendaraan listrik. Hal ini dilakukan dengan membangun kemitraan lokal. Selain dengan perusahaan diler untuk pengembangan jaringan di berbagai daerah di Indonesia dan perusahaan perbankan untuk kemudahan transaksi konsumen, kini BYD juga berkolaborasi dengan PT Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) melalui subholding PLN Icon Plus.

 

BYD berkomitmen untuk memfasilitasi percepatan transisi menuju era kendaraan elektrifikasi di Indonesia tidak hanya melalui inovasi New Energy Vehicle, namun juga dengan ekosistem yang dapat mempermudah ketersediaan unit bagi banyak pihak. Untuk merealisasikan komitmen tersebut, maka PT BYD Motor Indonesia menjalin kerja sama dengan PLN Icon Plus dalam penyediaan 10.000 unit Electric Vehicle (EV) BYD. Implementasi kerja sama yang akan dilakukan secara bertahap selama lima tahun ini, dilakukan untuk semakin mempermudah konsumen mendapatkan produk-produk EV dari BYD.

 

“Kami di BYD sangat bersemangat dengan kolaborasi bersama PT Perusahaan Listrik Negara Persero (PLN) melalui subholding PLN Icon Plus untuk menyediakan Electric Vehicle BYD dalam lima tahun ke depan Kolaborasi ini akan memungkinkan kami menggenapi visi kami untuk menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang inovatif dan berkualitas tinggi kepada masyarakat Indonesia, serta memberikan kontribusi positif pada mobilitas berkelanjutan di negara ini dengan mitra diler kami,” ujar Eagle Zhao, Presiden Direktur PT BYD Motor Indonesia.

 

Kolaborasi strategis BYD dan PLN Icon Plus ini mempertegas solusi untuk mobilitas elektrifikasi dan mempromosikan pengembangan transportasi ramah lingkungan. Diler ini diresmikan dengan tujuan untuk mempermudah akses pelanggan terhadap kendaraan listrik, lokasi Cibubur dipilih secara strategis mengingat area ini merupakan salah satu kawasan berkembang dengan akses yang mudah dari berbagai calon konsumen di area JABODETABEK dapat segera melihat dan merasakan kecanggihan fitur-fitur ramah lingkungan dari produk-produk BYD. Dengan keberadaan flagship diler ini, komitmen BYD semakin nyata dalam melayani semua lapisan masyarakat yang membutuhkan kendaraan listrik. Kerjasama ini adalah bentuk pengembangan Jasa Telekomunikasi dan Produk Green Energy namun tidak terbatas pada sharing competency dan sharing capacity masing-masing perusahaan.

 

“Kemitraan antara PLN Icon Plus dan BYD dengan pihak diler dalam penyediaan kendaraan listrik BYD di Indonesia adalah langkah penting dalam mendukung transformasi energi yang lebih bersih dan berkelanjutan di negara ini. Kami yakin bahwa dengan teknologi dan komitmen BYD dalam kendaraan listrik, kerjasama ini akan membawa manfaat besar bagi perkembangan infrastruktur dan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, serta mendukung program pemerintah Green Energy Transition di Indonesia,” ujar Ari Rahmat Indra Cahyadi, Direktur Utama PT Indonesia Comnet Plus.

 

Salah satu poin penting dari strategi BYD adalah ketersediaan unit kendaraan listrik. Diperkirakan 10.000 unit kendaraan listrik BYD akan siap didistribusikan kepada pelanggan di Indonesia. Ini mencerminkan komitmen BYD dalam memperkuat ekosistem serta kesiapan dalam memenuhi permintaan kendaraan listrik. Selain untuk memenuhi permintaan masyarakat umum yang sudah antri, permintaan instansi-instansi yang sudah bekerjasama, BYD juga terus membuka peluang kerjasama dengan berbagai partner lokal lainnya.

 

Melalui kerja sama ini, PLN Icon Plus mendukung penuh misi BYD dan program pemerintah dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara yang ramah lingkungan dan memiliki udara yang lebih bersih. Bagi BYD, kerja sama ini adalah sebuah langkah besar dalam mendukung perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki PLN ICON Plus dan sinergi dengan jajaran PLN Group, BYD semakin optimistis untuk menjangkau konsumen yang lebih luas di berbagai lapisan masyarakat. Kehadiran diler baru BYD di Cibubur ini tidak hanya wujud dari ekspansi bisnis, tetapi juga sebagai dedikasi BYD dalam mendukung Indonesia menuju era kendaraan listrik yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Tentang BYD Motor Company Limited

Build Your Dream (BYD) Company Limited atau BYD adalah perusahaan teknologi dan manufaktur yang didirikan oleh Wang Chuanfu pada tahun 1995, berpusat di Shenzhen, Guangdong, Cina. BYD adalah perusahaan teknologi tinggi yang mengabdikan diri pada inovasi teknologi untuk kehidupan yang lebih baik. Perusahaan ini telah mendirikan lebih dari 30 kawasan industri di seluruh dunia dan telah memainkan peran penting dalam industri yang terkait dengan elektronik, mobil, energi baru, dan transit kereta api.

 

Sebagai pelopor global dalam Solusi Energi Baru, BYD didedikasikan untuk membangun ekosistem tanpa emisi. Sejak didirikan, BYD memiliki dedikasi yang tinggi akan membangun zero emission ecosystem dengan memproduksi berbagai teknologi terdepan yang ramah lingkungan. Hal ini didukung oleh keinginan BYD untuk masa depan yang berkelanjutan melalui elektrifikasi, harapan BYD adalah agar dapat hidup dengan udara bersih di masa mendatang dan tentu untuk generasi selanjutnya. Selain kendaraan, BYD memiliki solar panel atau tenaga surya yang akan segera menjadi sumber energi terbesar bagi kota-kota di masa depan, sehingga sangat memungkinkan ekosistem perkotaan berjalan lebih lancar.

 

BYD memiliki empat produk unggulan, yaitu kendaraan mobil EV, Rail Transit, berbagai jenis alat elektronik juga Solusi Energi Baru atau Renewable Energy. Secara garis besar, BYD sudah ada di 400 kota, 70 negara, dan 6 benua. Pada tahun 2022, BYD menjual hampir 1.860.000 kendaraan penumpang energi baru di seluruh dunia. BYD telah bekerja pada elektrifikasi transportasi umum perkotaan untuk mengurangi emisi gas rumah kaca global, membayangkan untuk “Mendinginkan Bumi Dengan 1°C”. Per 19 April 2022, BYD menghemat 10.756.330.036 kg emisi karbon atau setara dengan menanam sekitar 896.360.836 pohon. (Hfz)