Ekbis  

BNI Exporters Forum Pintu Menuju Kesuksesan UMKM Menuju Pasar Amerika

KJRI New York selenggarakan BNI Exporters Forum bertema Road to New York Shoppe Object 2024, di BNI Corporate University, Slipi, Jakarta, Sabtu (16/03).

JagatBisnis.com, Jakarta – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI terus berkomitmen mendukung langkah UMKM Go Global untuk mendorong pertumbuhan devisa negara.

Dalam semangat tersebut, perseroan terus memperkuat kapabilitas UMKM mitranya, mengarah pada peningkatan daya saing di panggung pasar global.

Kolaborasi antara BNI Xpora dan Kementerian Luar Negeri, khususnya KJRI New York, membawa angin segar dengan diselenggarakannya BNI Exporters Forum bertajuk Menyongsong New York Shoppe Object 2024 pada 16 Maret 2024 di BNI Corporate University, Slipi, Jakarta.

New York Shoppe Object merupakan salah satu acara pameran kriya terbesar di Amerika Utara, khususnya dalam ranah B2B, dengan estimasi kehadiran 10.000 pengunjung dan 700 merek pameran, membuka peluang bagi UMKM untuk merambah pasar baru.

Baca Juga :   BNI-KONI Gelar Turnamen Golf Antar Perusahaan "BNI-KONI OPEN 2023"

Corina Leyla Karnalies, Direktur Retail Banking BNI, menekankan peran krusial UMKM sebagai penopang ekonomi Indonesia. Potensi besar yang dimiliki UMKM dalam mengoptimalkan pangsa pasar global menjadi pemicu bagi langkah strategis BNI.

“Dalam menjalankan misi ini, perseroan terus aktif meningkatkan kapasitas serta kapabilitas usaha UMKM, dengan melibatkan berbagai pihak,” ujarnya.

Corina menambahkan, “Dengan kehadiran acara ini, kami berharap dapat menjadi jalan keluar bagi berbagai kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam memperluas pasar mereka ke mancanegara.”

Baca Juga :   Dongkrak Pasar Produk Lokal, BNI Sediakan Vending Machine untuk UMKM Binaan

BNI Exporters Forum dirancang khusus untuk mempersiapkan UMKM yang ingin mengikuti New York Shoppe Object. Sebanyak 30 UMKM mitra BNI hadir dalam acara ini, siap mengembangkan sayap bisnis mereka dan merambah pasar Amerika.

Produk-produk unggulan dari UMKM akan melalui proses kurasi dalam rangkaian kegiatan ini untuk kemudian diikutsertakan dalam New York Shoppe Object 2024.

Corina menjelaskan bahwa acara BNI Exporters Forum kali ini menghadirkan Jennifer Isaacson, seorang kurator dari New York, sebagai narasumber. Hal ini memberikan kesempatan emas bagi pelaku UMKM yang hadir untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai prospek pasar ekspor dan regulasi terkini di Amerika.

Baca Juga :   BNI Xpora Jadi Jembatan UMKM Indonesia dengan Eksportir dari Belanda

Tidak hanya itu, kurator yang hadir dari New York juga akan memberikan pendampingan khusus bagi UMKM terpilih hingga Agustus 2024, memastikan produk-produk mereka dapat bersaing di pasar Amerika.

“UMKM yang mengikuti acara ini berasal dari berbagai segmen, mulai dari skala kecil hingga menengah, yang telah siap untuk memasuki pasar ekspor. Mereka membawa beragam jenis produk, seperti fesyen, aksesori, kerajinan tangan, dekorasi rumah, dan perabotan,” tutupnya. (saf)

MIXADVERT JASAPRO