Berita  

Korut Lakukan Peluncuran Ketiga Rudal Jelajah dalam Seminggu

JagatBisnis.com – Korea Utara sekali lagi mengejutkan dunia dengan meluncurkan beberapa rudal jelajah tak dikenal ke laut lepas pantai baratnya. Ini adalah peluncuran rudal ketiga yang dilakukan oleh Pyongyang dalam kurun waktu kurang dari seminggu.

Peluncuran tersebut terjadi sekitar pukul 7 pagi dan langsung menciptakan ketegangan di semenanjung Korea. Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengonfirmasi peristiwa tersebut dalam sebuah pernyataan resmi. Otoritas intelijen Korea Selatan dan Amerika Serikat saat ini sedang memantau dengan cermat serta menganalisis rincian peluncuran ini.

Tindakan ini terjadi setelah serangkaian peluncuran rudal jelajah pada hari Minggu sebelumnya, yang merupakan uji coba rudal jelajah dari kapal selam baru yang dinamakan “Pulhwasal-3-31.” Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, dikabarkan mengawasi uji coba rudal tersebut, seperti yang dilaporkan oleh media pemerintah Korea Utara, KCNA, pada Senin.

Baca Juga :   Korea Utara Meluncurkan Rudal Balistik Setelah Kapal Nuklir AS Tiba di Korsel

Rudal-rudal yang diluncurkan minggu lalu dan pada hari ini juga disebut sebagai Pulhwasal-3-31. KCNA menambahkan bahwa rudal-rudal ini termasuk dalam kategori “strategis,” yang biasanya merujuk pada senjata berkemampuan nuklir.

Baca Juga :   Eskalasi Ketegangan di Perbatasan Lebanon-Israel: Serangan Rudal Memicu Aksi Balasan

JCS Korea Selatan menyatakan bahwa mereka meyakini peluncuran “Pulhwasal-3-31” bertujuan untuk menguji kemampuan rudal yang sudah ada. Peluncuran terbaru ini semakin memperumit situasi di semenanjung Korea dan menyulut kekhawatiran internasional terkait kestabilan di wilayah tersebut. (tia)

MIXADVERT JASAPRO