Gempa 4,5 Magnitudo Getarkan Tegal, Warga Panik Berhamburan

Gempa

JagatBisnis.com –  Gempa bumi berkekuatan 4,5 magnitudo menggetarkan wilayah Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Jumat (15/12) pukul 21.24 WIB. Getaran gempa dirasakan hingga wilayah Cirebon, Brebes, Banjar, dan Subang.

Menurut Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, pusat gempa berada di 34 km barat daya Kabupaten Tegal, dengan kedalaman 10 km. Gempa ini merupakan jenis gempa bumi dangkal (shallow crustal earthquake) akibat aktivitas sesar aktif.

Getaran gempa dirasakan dengan skala intensitas III MMI di wilayah Cirebon, yang berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Getaran juga dirasakan dengan skala intensitas II-III MMI di wilayah Tegal, Brebes, Banjar, dan Subang.

Baca Juga :   Purbolinggo Diguncang Gempa Berkekuatan 4,2 Magnitudo

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut,” ucap Daryono.

Baca Juga :   Gempa di Gorontalo Berkekuatan 6,3 Magnitudo, Terasa Hingga Palu dan Ternate

Gempa bumi ini sempat membuat warga di wilayah terdampak panik. Beberapa warga berhamburan keluar rumah karena takut bangunan roboh.

Baca Juga :   Gempa Magnitudo 4,0 Guncang Maluku Tenggara Barat

“Saya kaget banget pas gempa, langsung keluar rumah,” kata Nurhayati, warga Tegal.

“Saya kira ada bom meledak,” kata Asep, warga Brebes.

BMKG mengimbau masyarakat di wilayah terdampak untuk tetap waspada dan berhati-hati. Masyarakat juga diminta untuk tidak terpancing oleh informasi yang tidak jelas mengenai gempa bumi tersebut.

(tia)

MIXADVERT JASAPRO