Mal Ciputra Dan Numismatic Indonesia Kembali Selenggarakan Pameran

JagatBisnis.com – Mata uang sebagai salah satu bentuk kedaulatan suatu negara dimana hanya negara yang merdeka dan berdaulat yang dapat mencetak mata uangnya baik itu koin atau kertas dan dapat di sandingkan dengan mata uang negara lainnya serta berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

Mall Ciputra Jakarta sebagai mal yang senantiasa ingin memberikan yang terbaik bagi pengunjung setianya, kembali bekerjasama dengan Masyarakat Numismatic Indonesia mengadakan pameran Numismatic terbesar di Indonesia. Tingginya animo masyarakat pada acara pertama hingga mencapai 12.000 lebih pengunjung dalam empat hari pelaksanaan, membuat Indonesia Numismatic Show(INS) kami hadirkan kembali pada 31 Agustus hingga 3 September 2023 di center courtmal Ciputra Jakarta.

Indonesia Numismatic Show 2(INS2) juga menggandeng Monetarium, perusahaan lelang asal Singapura yang turut mendukung kesuksesan kegiatan INS 2 kali ini sebagai sponsor utama yang diperkenalkan dengan nama INS 2 – MONETARIUM, selain itu, lokasi kegiatan INS 2 kembali dilaksanakan di mal Ciputra Jakarta yang dipilih karena lokasinya sebagai pusat perbelanjaan yang strategis dan terkemuka di kalangan numismatis melalui sosialisasi sebagai lokasi INS pertama.

Baca Juga :   Gairahkan Kembali Bisnis UMKM Mal Ciputra Hadirkan 60 Kuliner Legendaris di Festival Kuliner Kampung Legenda

Berbeda dengan INS pertama pada Maret 2023 lalu yang berfokus ingin menjadikan INS sebagai tonggak kegiatan numismatik pertama di Indonesia, INS 2 kali ini berfokus pada untuk unjuk kebolehan numismatik Indonesia di kancah Internasional. Tidak berhenti disitu, INS 2 berhasil menggaet lebih dari 60 tenant untuk hadir mengikuti rangkaian acara dengan lebih dari 10 tenant internasional, asal negara tenant tersebut diantaranya dari Hongkong, Belanda, Swedia, Malaysia, Singapura, Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan
Rusia, Australia, Vietnam, Romania dan Ukraina.

“Kami menangkap semangat dan antusias yang tinggi dari masyarakat Indonesia terhadap numismatik melalui kegiatan INS ini . Ternyata tidak hanya dari lokal, semangat yang besar juga datang dari dunia Internasional. Maka, MNI sangat senang dan bangga dengan kembali menggelar kegiatan INS di tahun yang sama ini untuk masyarakat Indonesia.” Ujar Ketua Umum MNI Sunardji

” Untuk kedua kalinya mal Ciputra Jakarta merasa bangga terpilih sebagai tempat penyelenggaraan acara bergengsi “Indonesia Numismatic Show 2″. Diharapkan dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi para pengunjung dan masyarakat pada umumnya sehingga bisa lebih mengenal cerita di balik uang koin dan kertas yang beredar baik di Indonesia dan dunia. Melalui event ini juga kami ingin memberikan pengalaman edukatif dan atraktif untuk para pengunjung setia”, ujar Silvia, marketing Manager Mal Ciputra Jakarta.

Baca Juga :   Gairahkan Kembali Bisnis UMKM Mal Ciputra Hadirkan 60 Kuliner Legendaris di Festival Kuliner Kampung Legenda

Selain pameran, di sekitar area pameran INS 2 – MONETARIUM juga disediakan panel edukasi. Panel edukasi ini bertujuan untuk mengedukasi pengunjung tentang sejarah numismatik di Indonesia dengan menghadirkan beragam alat tukar di Indonesia, baik berupa koin logam hingga uang kertas, mulai dari zaman kerajaan hingga emisi terbaru. Edukasi ini menghadirkan bagaimana sejarah rupiah, mata uang Indonesia, resmi digunakan sebagai alat transaksi yang diakui oleh negara dan masyarakat secara luas.

INS 2 – MONETARIUM juga akan menyelenggarakan interactive talk show bertema” Melambungkan UKM Numismatik Indonesia ke panggung Internasional” yang menjadi bagian acara dalam opening event pada Jum’at, 1 September 2023. INS 2- MONETARIUM rencana juga akan menghadirkan tiga narasumber hebat dalam jajaran pemerintah, yakni Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia Hari Widodo, Wakil Ketua DPR RI Prof.Dr.Ir.Sufmi DASCO Ahmad dan Wakil Ketua MPR RI Dr. lestari Moerdijat. Ketiga narasumber ini nantinya akan melakukan bincang santai terkait peredaran uang dan numismatik dipandu oleh Sekretaris Jenderal MNI Michel Suhardi.

Baca Juga :   Gairahkan Kembali Bisnis UMKM Mal Ciputra Hadirkan 60 Kuliner Legendaris di Festival Kuliner Kampung Legenda

Tidak berhenti sampai disitu, INS 2 – MONETARIUMjuga dihadiri salah satu pelukis uang Republik Indonesia, Mujirin Engraver, tidak hanya hadir, Mujirin juga akan melukis para pengunjung melalui suguhan penampilan live sketch.

“Kegiatan INS 2 – MONETARIUM ini tidak hanya untuk meningkatkan citra numismatik Indonesia di mata dunia, tapi juga berharap dapat terus mendukung pedagang kecil, khususnya di bidang numismatik supaya dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kami berharap antusias masyarakat Indonesia terhadap numismatik dapat terus tumbuh melalui kegiatan INS,” ujar Ketua Panitia INS 2 – MONETARIUM Teddy Rinaldy.

Selama pameran berlangsung, MNI juga membagikan koin kuno gratis bagi pengunjung sebagai acara souvenir. (den)

MIXADVERT JASAPRO