Berita  

Mantan Pegawai Konsulat AS Ditangkap oleh Rusia atas Tuduhan Mata-mata Internasional

kedutaan AS di Kyiv

JagatBisnis.comPada Senin, 28 Agustus 2023, media pemerintah Rusia melaporkan bahwa seorang mantan pegawai konsulat Amerika Serikat telah ditahan di Kota Vladivostok, Rusia timur, karena diduga memberikan informasi kepada diplomat Amerika.

Tersangka yang diduga melakukan mata-mata ini bernama Robert Shonov, seorang warga negara Rusia yang sebelumnya bertugas di konsulat AS di Timur Jauh Rusia.

Dinas Keamanan Federal (FSB) Rusia mengumumkan bahwa Shonov telah mengumpulkan informasi untuk Washington tentang perang di Ukraina dan isu-isu terkait pemilihan presiden 2024 di Rusia.

Baca Juga :   Seorang Jurnalis Asal Prancis Tewas Terkena Bom Tentara Rusia

FSB mengklaim telah menekan aktivitas ilegal Shonov dan menangkapnya pada bulan Mei. Mereka juga berencana untuk menginterogasi staf kedutaan AS yang memiliki kontak dengan Shonov.

Baca Juga :   Rudal Rusia Menghantam Pabrik Swedia di Ukraina, Hingga Menewaskan Orang

Tuduhan mata-mata ini dapat dikenai hukuman hingga delapan tahun penjara bagi Shonov.

Kedutaan Besar AS sebelumnya menyatakan bahwa tuduhan terhadap Shonov tidak berdasar dan mengklaim bahwa perannya hanyalah mengumpulkan ringkasan media dari sumber-sumber media Rusia yang tersedia untuk umum.

Baca Juga :   Menlu Rusia Putuskan Tinggalkan KTT G20 Bali Lebih Awal

Sebelumnya pada bulan Agustus, Moskow juga mengumumkan penahanan seorang warga negara AS bernama Gene Spector dalam kasus spionase. Spector, yang merupakan warga Amerika kelahiran Rusia, dituduh melakukan spionase dan mengaku bersalah.

 

(tia)

MIXADVERT JASAPRO