Kemendagri Konsisten Lanjutkan Pengendalian Inflasi di Daerah

JagatBisnis.comMenteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian memberikan arahan dalam rapat evaluasi kinerja di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Rabu (26/4/2023). Mendagri menyoroti pengendalian inflasi di daerah-daerah.

Dalam arahannya, Tito mengapresiasi kinerja jajarannya dalam menjalankan tugas yang diemban sepanjang kuartal pertama 2023. Hal itu seperti upaya pengendalian inflasi di daerah yang terbilang terkendali. Dibanding sejumlah negara lainnya, inflasi di Indonesia menempati peringkat yang terbilang bagus dan terkendali.

Tito mengungkapkan, belum lama ini berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo salah satunya membahas pengendalian inflasi. Presiden mengapresiasi upaya pengendalian yang dilakukan Kemendagri. Presiden pun meminta agar langkah-langkah pengendalian inflasi di daerah terus dilakukan secara konsisten.

Baca Juga :   Jelang Pemilu 2024, Kemendagri Kepala Daerah dan Legislatif Diingatkan Soal Kepatuhan Pajak

“Kami setiap minggu selalu mengadakan rapat pengendalian inflasi di daerah yang diikuti seluruh Forkompinda se Indonesia. Untuk masalah inflasi ini saya memang sudah menunjuk leading sektornya adalah Pak Irjen karena kaitannya lebih banyak ke masalah pengendalian daerah-daerah,” kata Mendagri, dalam keterangan Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga :   Kemendagri dan Kemenlu Mendata WNI di Jeddah Arab Saudi

Meski begitu, lanjut Tito, komponen lainnya seperti Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda), Ditjen Bina Pembangunan Daerah (Bangda), serta Ditjen Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) juga harus tetap berkontribusi dalam mengendalikan inflasi di daerah. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO