Hukuman Mati dan Penjara Seumur Hidup Dihapus di Negara Malaysia

Ilustrasi Hukum mati Foto : kumparan

JagatBisnis.com Malaysia menghilangkan ganjaran mati dan ganjaran penjara seumur hidup pada para tahanan. Kebalikannya, ganjaran pengganti yang lain yang sedang diaplikasikan merupakan penjara sampai 40 tahun dan ganjaran cambuk.

Diambil dari Reuters, kebijaksanaan ini didapat menyusul disahkannya pembaruan hukum oleh parlemen Malaysia pada Senin (3/ 4).

Di dasar amandemen terkini, terdapat sebagian perihal yang diringankan— semacam penurunan jumlah pelanggaran yang beresiko dijatuhi ganjaran mati dan penghapusan ganjaran penjara seumur hidup dan peranan ganjaran mati.

Tidak hanya itu, amandemen terkini pula menerangkan kalau pengganti ganjaran mati bisa berbentuk ganjaran pecut dan ganjaran bui antara 30 sampai 40 tahun.

Sedangkan itu, ganjaran penjara yang terkini ini akan menggantikan seluruh ketentuan untuk para pelaku yang sudah didiagnosa ganjaran mati lebih dahulu.

Lebih lanjut, ganjaran penjara seumur hidup— yang didefinisikan di dasar hukum Malaysia selaku ganjaran sepanjang 30 tahun itu, akan senantiasa dipertahankan. Opsi buat melaksanakan mati seorang pula dihapus dalam sebagian kesalahan sungguh- sungguh yang tidak menimbulkan kematian, semacam perdagangan senjata api dan penculikan.

Amandemen ini legal untuk 34 pelanggaran yang beresiko ganjaran mati, tercantum di antara lain pembunuhan dan perdagangan narkoba. Sebesar 11 dari 34 pelanggaran itu lebih dahulu harus menemukan putusan mati.

Kebijaksanaan terbaru Malaysia ini didapat, kala sebagian negeri orang sebelah di Asia Tenggara yang lain terus menjadi tingkatkan pemakaian ganjaran mati.

Salah satu ilustrasinya merupakan Singapore— yang mana pada tahun lalu saja sudah melaksanakan mati 11 orang atas pemakaian narkoba.

Di Myanmar keadaannya juga tidak jauh berbeda, junta tentara sudah melaksanakan mati 4 aktivis pro- demokrasi buat awal kalinya dalam sebagian dasawarsa terakhir.

Lebih lanjut, Wakil Menteri Hukum Malaysia Ramkarpal Singh berargumen kalau penerapan ganjaran mati sepanjang ini tidak dapat dibilang efektif selaku instrumen pencegahan dan bertabiat permanen.

“ Ganjaran mati tidak membagikan hasil semacam yang diharapkan,” kata Singh dalam diskusi di parlemen saat sebelum pembaruan ganjaran mati disahkan.

Dikala ini ada lebih dari 1. 300 tahanan yang mengalami desakan ganjaran mati ataupun penjara seumur hidup di Malaysia— tercantum mereka yang sudah kehilangan seluruh upaya hukum yang lain, akan dipermudah dan bisa mengajukan peninjauan kembali di bawah amandemen baru itu. (tia)