Tidak Hanya Di Darat Di Lautpun Mudik Gratis Juga

JagatBisnis.com – Masyarakat yang akan melaksanakan mudik ditahun ini, tidak hanya yang berjarak dekat ataupun sedang yang melewati jalur darat saja yang akan di fasilitasi dengan program mudik gratis namun bagi masyarakat yang tinggal melewati pulau juga akan di fasilitasi dengan mudik gratis melalui jalur laut.

Adapun rute mudik gratis lewat jalur laut ini adalah Tanjung Priok Jakarta menuju Tanjung Emas Semarang.

Mudik gratis lewat jalur laut ini akan dilakukan dalam dua gelombang, baik saat arus mudik atau pun arus balik. Arus mudik akan dilakukan pada 15 dan 17 April 2023, sedangkan arus balik dilakukan pada 25 dan 28 April 2023.

Pendaftaran mudik gratis lewat jalur laut ini tersedia untuk 10.000 penumpang dan 5.000 unit sepeda motor. Pendaftarannya akan segera dibuka mulai 20 Maret 2023 hingga 5 April 2023.

Baca Juga :   Daftar Mudik Gratis 2023 Bus Kemenhub Resmi Dibuka

“Kuota penumpang 2.500 orang, sedangkan sepeda motor 1.2500 motor. Sehingga total kuota mudik adalah 5.000 orang dan 2.500 motor, sedangkan balik 5.000 orang dan 2.500 motor,” ucap Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Kemenhub Hendri Ginting.
Sebelum mendaftar pada program mudik gratis ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Motor yang akan diangkut juga harus memenuhi beberapa aturan.

Syarat mendaftar mudik gratis jalur laut
– Kendaraan harus memiliki STNK dan SIM yang sah.

– Kondisi kendaraan (motor) harus layak jalan.

Baca Juga :   Pemprov DKI Jakarta Siapkan 19.280 Kuota Mudik Gratis

– Kendaraan tidak boleh ada aksesoris tambahan yang akan mengganggu proses lashing
Kendaraan harus memiliki standar tengah (standar dua).

– Kendaraan harus dilengkapi pegangan belakang.

– Ukuran roda dan ban kendaraan harus standar atau sesuai spesifikasi pabrik.

– Dilarang menggunakan box samping kiri, kanan, atau pun belakang.

– Jumlah helm harus disesuaikan dengan jumlah penumpang.
Kendaraan harus terisi BBM minimal 1 liter.

– Kunci motor dapat dititipkan ke petugas atau panitia pelaksana.

Selain Kemenhub, 76 perusahaan BUMN sebelumnya juga menyediakan program mudik gratis. BUMN akan memberangkatkan 65.603 pemudik pada mudik lebaran 1444 Hijriah.
menyediakan 1.009 armada bus, 30 rangkaian kereta api, dan tujuh kapal laut dengan tujuan enam provinsi di Indonesia. Menteri BUMN Erick Thohir menyebut program mudik gratis ini untuk membantu masyarakat sampai di rumah dengan aman dan nyaman, serta mengurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga :   Pemprov DKI Jakarta Siapkan 19.280 Kuota Mudik Gratis

Mudik gratis akan dipimpin oleh PT Jasa Raharja dengan rincian sebanyak 46.523 penumpang akan naik bus, 15.658 penumpang naik kereta api, dan 2.562 penumpang kapal laut. Para pemudik akan diberangkatkan dari Jakarta pada 18 April 2023 mendatang, dimulai dari Ring Road Gelora Bung Karno (GBK).

Untuk mudik gratis bersama BUMN, pendaftaran sudah dibuka sejak 15 Maret 2023 kemarin. Adapun syaratnya bisa dilihat di website resmi Kementerian BUMN. (den)

MIXADVERT JASAPRO