Jokowi: Biaya Haji 2023 Baru Usulan dan Belum Final

JagatBisnis.comPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan biaya haji yang disampaikan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas masih sebatas usulan. Saat ini biaya haji masih dalam proses kajian.

“Biaya haji masih dalam proses kajian. Jadi , itu belum final. Tapi sudah ramai,” kata Jokowi usai meninjau Sodetan Kali Ciliwung, Jakarta, Selasa (24/1/2023).

Jokowi menekankan kepada semua pihak, khususnya masyarakat, biaya haji masih dalam proses kalkulasi dan belum final. Pemerintah baru mengusulkan besaran biaya perjalanan ibadah haji, yang akan dibahas bersama dengan DPR sebelum ditetapkan.

Baca Juga :   Ketua DPP Partai NasDem: Jangan Bandingkan Anies dan Jokowi

Diketahui, Kementerian Agama (Kemenag) mengusulkan rata-rata Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) 1444 Hijriah/2023 Masehi menjadi Rp98,89 juta per jamaah. Biaya tersebut mengalami kenaikan Rp514.880 dibanding tahun lalu. Dari jumlah itu, biaya yang perlu ditanggung jamaah mencapai 70 persen atau Rp69,19 juta per orang. Sementara 30 persen atau Rp29,7 juta sisanya dibayarkan dari nilai manfaat pengelolaan dana haji. (*/eva)