Waspada, Sakit di Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Kolesterol Tinggi

Foto : Istimewa

JagatBisnis.com – Sakit di beberapa bagian tubuh bisa menjadi gejala kolesterol tinggi. Gejala ini tidak boleh diabaikan karena kolesterol bisa menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti stroke hingga serangan jantung. Meskipun kolesterol tinggi sering tidak menunjukkan gejala, beberapa tanda peringatan mungkin muncul setelah plak menumpuk di arteri.

Salah satu tanda dari proses ini dapat menyerang di lima bagian tubuh. Begitu arteri menampung terlalu banyak plak, maka menjadi keras dan kaku. Kondisi ini akan mulai memengaruhi aliran darah, dengan kaki menjadi area tubuh pertama yang merasakan gejala.

Aliran darah yang terganggu ke kaki terkadang dapat menyebabkan kondisi umum yang dikenal sebagai penyakit arteri perifer (PAD). Gejala pertama PAD biasanya berupa sensasi tidak nyaman yang dikenal sebagai klaudikasio intermiten. Klaudikasio menggambarkan nyeri otot yang terjadi saat beraktivitas dan berhenti saat beristirahat.

Baca Juga :   Air Kelapa Banyak Dicari Masyarakat di Tengah Pandemi, Ini Alasannya

Dalam beberapa kasus, rasa sakit menjadi begitu kuat sehingga mulai mengganggu aktivitas seperti berjalan.

Menurut Mayo Clinic, lima area di mana klaudikasio intermiten dapat menyerang antara lain betis, paha, bokong, pinggul, atau kaki. Area ini bisa terasa nyeri, pegal, tidak nyaman atau lelah dan Anda juga bisa mengalami kejang otot atau kram.

Baca Juga :   Coba Lakukan 3 Hal Ini Agar Sembuh dari COVID-19

Meskipun kelima area ini kemungkinan besar menjadi sasaran, bahu, bisep, dan lengan bawah juga bisa terasa pegal. Namun hal ini lebih jarang terjadi. Saat klaudikasio berkembang, rasa sakit bisa menjadi lebih parah dan menjadi jelas bahkan saat Anda beristirahat.

Dilansir dari Express, Minggu (15/1/2023) selain rasa sakit di lima bagian tubuh ini, PAD pada dapat menyebabkan tanda-tanda lain. Berikut di antaranya.

Baca Juga :   8 Asupan Ini Kaya Cairan untuk Kesehatan Kulit dan Tubuh

1. Nyeri yang membakar atau pegal di kaki dan jari kaki saat istirahat, terutama di malam hari saat berbaring telentang
2. Kulit dingin di kaki
3. Kemerahan atau perubahan warna lain pada kulit
4. Infeksi lebih sering
5. Luka kaki dan kaki yang tidak kunjung sembuh.

Sayangnya, PAD tidak selalu menyebabkan banyak gejala nyata yang sulit diidentifikasi. Artinya, cara paling ampuh untuk menentukan kadar kolesterol adalah melalui tes darah. (*/els)