Warga Dilarang Mendekat akibat Gunung Merapi di Sumbar Erupsi

JagatBisnis.comGunung Merapi yang terletak di Bukittinggi, Sumatera Barat, mengalami erupsi pada Sabtu (7/1) sekitar pukul 06.11 WIB. Tinggi kolom abu terpantau setinggi ± 300 meter di atas puncak (± 3191 meter di atas permukaan laut).

“Terjadi erupsi G. Marapi pada hari Sabtu, 07 Januari 2023, pukul 06:11 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 300 m di atas puncak (± 3191 m di atas permukaan laut). Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah tenggara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 13.4 mm dan durasi 45 detik,” demikian keterangan ESDM yang diterbitkan dalam laman resminya MAGMAIndonesa.

Akibat erupsi ini, masyarakat hingga wisatawan juga dilarang mendekat dan beraktivitas pada radius 3 km dari kawah puncak gunung.

Baca Juga :   Ini Penjelasan BPPTKG Soal Adanya Gundukan di Lereng Gunung Merapi

“Masyarakat di sekitar gunung api Marapi dan pengunjung/wisatawan tidak diperbolehkan mendaki gunung api Marapi pada radius 3 Km dari kawah/puncak,” lanjutnya.

Baca Juga :   Merapi Luncurkan Lava Pijar ke Arah Barat Daya

Gunung Marapi merupakan salah satu gunung yang ada di Sumatera Barat dengan ketinggian 2891,3 mdpl. Banyak wisatawan yang kerap mengunjungi kawasan tersebut. (tia)