Painite, Logam Mineral Terlangka Kedua di Dunia

JagatBisnis.com –  Mineral paling langka kedua di bumi painite, setelah Kyawthuite. Namun, sangat sedikit informasi yang diketahui tentang kyawthuite.

Sedangkan, batu mineral kedua terlangka adalah painite, yang muncul sebagai kristal heksagonal merah tua dan ada beberapa yang berwarna merah muda. Pada 1957, dua batu merah tua disumbangkan ke Museum Sejarah Alam di London. Kedua kristal tersebut diberi nama painite, sesuai nama penemunya, seorang pedagang permata Arthur Pain.

Painite kadang-kadang ditemukan bersama batu rubi dan batu permata lainnya. Itu menjelaskan mengapa awalnya Arthur Pain mengira batu tersebut adalah rubi. Painite ketiga diidentifikasi pada 1979. Baru pada 2001 painite keempat ditemukan di Myanmar. Wajar jika harga painite berkualitas bisa sangat mahal. Per karatnya mencapai USD60 ribu atau Rp900jutaan.

Tapi apa yang membuat painite begitu langka? Pertama, hanya ditemukan di Myanmar. Kedua, kelangkaan painite karena kandungan unsur kimia zirkonium dan boron. Painite adalah kristal borat, artinya mengandung boron. Tapi juga mengandung zirkonium. Boron memiliki ikatan waktu yang sangat sulit dengan zirkonium.

Painite adalah satu-satunya mineral, Karena ditemukan terikat di alam. Zirkonium dan boron belum pernah ditemukan bersama dalam konsentrasi yang tinggi. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO