Program Desa Devisa LPEI Membawa Kopi Robusta Indonesia Terbang ke Mesir

JagatBisnis.com –  Kopi robusta Indonesia dengan volume 19,2 ton berhasil dikirim ke Mesir pada 15 Desember 2022 lalu. Ekspor komoditas unggulan itu berasal dari Desa Devisa Kopi Subang melalui Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah. Program Desa Devisa Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) kembali mencatatkan kesuksesan.

Kepala Divisi Jasa Konsultasi LPEI, Gerald Grisanto mengatakan, ini merupakan ekspor kedua yang dilakukan oleh Koperasi Produsen Gunung Luhur Berkah. Ssejak pendampingan dan pelatihan yang telah diberikan kepada para petani kopi Subang, jumlah pendapatan desa meningkat sebesar 60 persen dari sebelumnya.

“Melalui program ini, kami berkomitmen mewujudkan ekosistem ekspor yang berkelanjutan hingga menciptakan kepastian hasil panen bagi petani,” kata Gerald dalam keterangannya, Sabtu (31/12/2022).

Pihaknya berharap, program ini dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa, memperkuat kualitas dan kuantitas, serta daya saing komoditas yang sesuai dengan standar ekspor sehingga dapat terus eksis di tingkat global. Program ini telah disesuaikan dengan kebutuhan para petani kopi Subang beserta koperasi dalam mengelola lahan produksi dan menjalankan bisnisnya.

“Pendampingan kami fokuskan pada tiga aspek, yaitu akses pasar, kapasitas produksi, dan pencatatan keuangan. Pelatihan yang diberikan tersebut diharapkan dapat memperluas akses pasar ekspor, meningkatkan kemampuan budidaya dan pengolahan tanaman kopi. Selain itu, juga menyempurnakan prosedur penyusunan laporan keuangan,” imbuhnya. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO