Cuaca Ekstrem Ancam Jakarta, Pemerintah Siapkan Teknologi Modifikasi Cuaca

JagatBisnis.comBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan pihak terkait untuk mengantisipasi cuaca ekstrem jelang akhir tahun 2022 dan awal tahun 2023 di wilayah Ibu Kota. Untuk DKI Jakarta akan dilaksanakan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca Juga :   216 Juta Orang Diprediksi akan Mengungsi hingga 2050

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengimbau, masyarakat yang hendak berwisata dapat meningkatkan kesiapsiagaan saat terjadi cuaca ekstrem seperti hujan lebat.

”Kalau berada di tempat yang rendah, segera cari tempat aman. Kalau berteduh belakangnya tebing harus segera pindah,” katanya, Rabu (28/12/2022).

Sebelumnya, BMKG memprakirakan hujan lebat hingga sangat lebat berpotensi melanda hampir seluruh wilayah Indonesia pada Tahun Baru 2023. Hal ini diakibatkan oleh adanya peningkatan curah hujan selama periode ini karena sejumlah dinamika atmosfer.

Baca Juga :   BMKG Minta Warga Waspada Cuaca Ekstrem saat Pancaroba

Adapun potensi hujan lebat hingga sangat lebat akan terjadi di wilayah Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Sementara itu, potensi hujan sedang hingga lebat terjadi di Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Kalimantan tengah, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO