Sering Diabaikan, 5 Hal Ini Bikin Rambut Berketombe

Rambut berketombe Foto: All Things Hair

JagatBisnis.comRambut adalah mahkota perempuan, sehingga perlu dirawat dan dijaga, baik ketika tidak menggunakan hijab maupun saat menggunakan hijab. Sebab bad hair day tidak hanya dialami oleh mereka yang rambutnya tidak tertutup, tapi hijabers pun bisa mengalaminya, ladies!

Salah satunya masalah ketombe yang dapat menimbulkan gatal tak tertahankan. Bila tidak cepat diatasi, ketombe bahkan bisa menyebabkan kulit kepala iritasi berat atau dermatitis seboroik.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Agar rambut tetap sehat dan terhindar dari ketombe, yuk hindari kebiasaan-kebiasaan kecil yang dapat memperparah kerusakan rambut berikut ini:

5 hal yang bisa membuat rambut berketombe

1. Memakai hijab saat rambut masih basah
Siapa yang masih sering mengenakan hijab saat rambut basah akibat terburu-buru? Sebaiknya hindari kebiasaan ini, karena bisa menyebabkan rambut lepek dan berketombe.

Sebab, rambut akan “terkurung” di situasi lembap yang hangat dan menciptakan lingkungan ideal untuk pertumbuhan jamur di kulit kepala. Kelembapan ini juga menyebabkan rambut bau dan mudah patah, ladies. Jadi bila terburu-buru, kamu bisa menggunakan hair dryer dengan tingkat kepanasan low sampai medium heat untuk mengeringkan rambut dengan cepat.

2. Mengikat rambut terlalu kencang
Mengikat rambut terlalu kencang tidak hanya akan menyebabkan tekstur gelombang pada rambut, tapi juga menurunkan kekuatan rambut sehingga mudah patah. Bukan itu saja, udara panas akan membuat rambut lebih mudah berminyak dan kotor, sehingga akhirnya menimbulkan ketombe.

Selain tidak mengikat rambut dengan kencang, hindari juga mengenakan kerudung terlalu kencang atau memilih bahan kain yang tidak menyerap keringat. Kebiasaan ini akan membuat kulit kepala kekurangan udara sehingga menyebabkan kulit kering dan mudah iritasi.

3. Tidak menyisir rambut
Sebelum mengenakan hijab, sebaiknya sisir rambut hingga rapi dan ingat dengan gaya rambut ponytail dengan yang tidak terlalu kencang. Menyisir rambut dapat membantu merangsang aliran darah ke seluruh kulit kepala. Dampaknya, kulit kepala lebih sehat dan pertumbuhan rambut juga semakin kuat.

Saat menyisir rambut, gunakan sikat atau sisir bergigi lebar untuk melonggarkan simpul atau rambut yang kusut. Untuk meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, kamu juga bisa memijat kulit kepala secara teratur sebelum atau sesudah keramas.

4. Keramas setiap hari
Banyak yang mengira keramas setiap hari membuat rambut semakin bersih. Mungkin ada benarnya, namun minyak alami yang berfungsi melindungi rambut dan kulit kepala juga bisa hilang Ladies.

Idealnya, frekuensi keramas maksimal tiga kali dalam seminggu agar rambut tetap bersih namun tidak mengikis minyak alaminya. Bila lebih dari itu, kulit kepala yang kering akan merangsang lebih banyak minyak sehingga rambut jadi lepek dan mudah berketombe.

5. Menggunakan sembarang sampo
Untuk para hijabers, memilih sampo juga tidak boleh sembarangan. Pastikan sampo yang dipilih memiliki kandungan yang dapat mengatasi masalah rambut seperti ketombe sekaligus memperkuatnya. Sehingga rambut tetap sehat meski berhijab seharian. (tia)

MIXADVERT JASAPRO