Diterjang Badai, 33 Awak Kapal Perang Thailand Hilang

JagatBisnis.com –  Angkatan Laut Thailand masih terus melakukan operasi pencarian 33 awak kapal yang hilang, setelah sebuah kapal perang jenis korvet tenggelam di tengah badai di perairan Teluk Thailand pada Minggu (18/12/2022) malam.

Kapal HTMS Sukhothai tenggelam di lepas pantai Provinsi Prachuap Khiri Khan, selatan Bangkok, setelah air laut membanjiri lambungnya dan memutus sistem kelistrikan sehingga kapal kehilangan kendali.

Operasi besar-besaran yang melibatkan sejumlah kapal perang dan helikopter milik angkatan udara dilakukan sepanjang Senin (19/12/2022) guna mencari awak kapal yang masih belum ditemukan. Namun, menurut pihak AL Thailand, ‘gelombang angin kencang’ mengganggu operasi penyelamatan.

“Kami akan terus mencari,” kata juru bicara AL Thailand Laksamana Pogkrong Monthardpalin kepada BBC.

Seuah ini tercatat bahwa sebanyak 75 awal kapal berhasil diselamatkan dengan 11 di antaranya kini dirawat secara intensif.

Monthardpalin juga mengumumkan bahwa pihaknya akan menyelidiki penyebab dari tenggelamnya kapal yang dibuat di AS pada pertengahan 1980-an ini.

“Ini hampir tidak pernah terjadi dalam sejarah pasukan kami, apalagi pada kapal yang masih aktif digunakan,” ucapnya.

HTMS Sukhothai tengah berpatroli di perairan yang berjarak sekitar 400 kilometer dari Bangkok ketika terjebak badai pada Minggu.

Berdasarkan keterangan sejumlah pejabat, para kru berjuang mempertahankan kendali atas kapal yang miring setelah aliran listriknya terputus. Kapal itu akhirnya tenggelam pada pukul 23.30 waktu setempat.

Melalui foto-foto yang diunggah di akun Twitter AL Thailand, tampak bahwa kapal miring ke kanan dan kapal-kapal penyelamat berupaya menemukan korban selamat di perairan yang berombak.

Sesaat setelah kejadian, tiga kapal dan sejumlah helikopter langsung dikerahkan untuk membantu evakuasi, namun hanya HTMS Kraburi yang bisa mencapai HTMS Sukhothai sebelum kapal itu tenggelam.

HTMS Kraburi sempat mengevakuasi sebagian besar awak HTMS Sukhothai, menurut keterangan AL.

Para marinir yang mengenakan jaket pelampung pun ditemukan di dalam air serta di perahu penyelamat.

Pihak AL Thailand belum menjelaskan secara rinci soal kondisi para awak kapal yang selamat. Namun media lokal telah menerbitkan foto-foto yang menunjukkan petugas medis di dermaga membawa mereka menggunakan tandu. (tia)

MIXADVERT JASAPRO