Menkes: Puncak Gelombang Covid-19 Sudah Tiba

JagatBisnis.com –   Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan kalau saat ini puncak dari gelombang Covid-19 di Indonesia telah tiba. Hal ini mengingat varian baru Omicron XBB dan BQ.1 telah mendominasi kasus. Karena pada Konferensi Pers Update Covid-19 lalu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan sekitar 90 persen kasus Covid-19 di Indonesia yaitu varian Omicron XBB dan BQ.1. Sebagaimana diketahui, sifat dari varian ini, dikenal lebih mudah menular dibandingkan varian sebelumnya.

Baca Juga :   Kemenkes Siapkan 10 Juta Vaksin Dalam Negeri sebagai Booster

“Namun, jika sudah sampai di puncaknya, Indonesia segera mengalahkan tren penurunan kasus dengan cepat. Kalau pengamatan kita, sekarang sampai dipuncaknya. Jadi nanti trennya akan menurun,” jelas Menkes Budi di Gedung Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Selasa (6/12/2022).

Sementara itu, Juru Bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril mengatakan sebanyak 2.449 pasien telah meninggal dunia pada periode 4 oktober sampai 21 November. Sekitar 82 persen diantaranya belum mendapatkan vaksin booster Covid-19. Kemudian, jumlah kasus Covid-19, sekarang lebih banyak di pulau Jawa-Bali.

Baca Juga :   Menkes Budi: Per Hari 500 Ribu Orang Divaksin Covid-19

“Untuk itu, saya meminta semua pihak untuk bekerja bersama untuk mempercepat Indonesia mencapai akhir pandemi. Dengan mendorong vaksinasi primer dan booster, khususnya bagi mereka kelompok rentan yaitu lansia. Karena vaksinasi menjadi bagian upaya atau strategi kita dalam mencapai atau menuju berakhirnya pandemic Covid-19,” tegas dr. Syahril. (*/esa)

MIXADVERT JASAPRO