Pelaku Soceng Berhasil, BRI Proaktif Ungkap Kejahatan Perbankan

JagatBisnis.com-Polisi kembali mengungkap dan menangkap tersangka penipuan social engineering (soceng) bermodus phising melalui situs palsu perubahan tarif transfer BRI pada Kamis (24/11/2022). Hingga kini, proses penyelidikan tersebut melibatkan BRI yang terus proaktif mendukung proses pengungkapan dan penangkapan tersangka berinisial FI, H, dan N. BRI bertindak aktif dengan melakukan pelaporan kepada polisi.

Baca Juga :   Laba Bersih BRI Kuartal I 2022 Naik 78,13 Persen Jadi Rp 12,2 Triliun

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto menjelaskan, langkah proaktif dalam mendukung penangkapan pelaku kejahatan soceng tersebut diharapkan dapat meredam kejahatan-kejahatan serupa muncul kembali. Penangkapan pelaku kejahatan ini menunjukan komitmennya untuk turut mengungkap dan menangani kasus social engineering yang telah merugikan nasabah.

“Secara berkala kami terus melakukan edukasi pencegahan berbagai modus penipuan, khususnya kejahatan soceng melalui saluran komunikasi resmi kami. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan awareness masyarakat agar dapat terhindar dari berbagai modus soceng,” katanya, dalam keterangan Minggu (27/11/2022).

Baca Juga :   BRI Buka Program Magang Kampus Merdeka

Dia menerangkan, untuk itu pihaknya mengimbau kepada nasabah agar senantiasa berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial, yaitu dengan menjaga kerahasiaan data pribadi dan data perbankan. Nasabah diharapkan tidak memberitahukan informasi yang dapat memberi akses pada akun seperti password dan PIN.

Baca Juga :   Dorong Kemajuan, BRI Dukung UMKM Go Internasional

“Nasabah wajib merahasiakan itu dari siapapun, termasuk keluarga, kerabat, mau pun petugas bank. Apalagi, kami senantiasa menginformasikan seluruh layanan melalui saluran komunikasi resmi (verified/ centang biru) yang dapat diakses nasabah,” pungkasnya. (*/eva)

MIXADVERT JASAPRO