Anwar Ibrahim akan Dilantik Jadi PM Baru Malaysia

Anwar Ibrahim

JagatBisnis.com – Perdana Menteri terpilih Malaysia, Anwar Ibrahim, akan dilantik pada hari ini Kamis (24/11) pukul 17.00. Pelantikan dilakukan usai Istana Kerajaan Malaysia menyampaikan penunjukan Anwar.

Anwar merupakan ketua koalisi oposisi Malaysia Pakatan Harapan (PH). Pembentukan pemerintahan gabungan adalah permintaan Raja Malaysia Abdullah dari Pahang. Hal ini dilakukan usai pemilu dini Malaysia akhir pekan lalu menemui jalan buntu.

Tidak ada satu pun partai atau koalisi yang berhasil mengamankan kursi mayoritas di parlemen. Akhirnya Raja Malaysia turun tangan demi meminta pembentukan pemerintahan persatuan yang disetujui PH dan UMNO .

Setelah pemerintahan gabungan disepakati Anwar Ibrahim langsung ditunjuk jadi Perdana Menteri Malaysia yang baru.

“Datuk Seri Anwar akan disumpah menjadi Perdana Menteri ke-10 Malaysia,” kata keterangan Istana Kerajaan seperti dikutip dari Strait Times.

Selain UMNO, persaing terberat PH pada pemilu lalu koalisi Perikatan Nasional juga membenarkan permintaan pembentukan pemerintahan persatuan.

Pemimpin Perikatan Nasional Muhyiddin Yassin mengatakan, permintaan itu disampaikan langsung Raja Malaysia Abdullah Pahang ketika memanggil dirinya dan Anwar awal pekan ini.  (tia)

MIXADVERT JASAPRO