Waspada! Sering Nunduk saat Gunakan Smartphone Bisa Sebabkan Hernia Diskus

JagatBisnis.comPengguna smarthphone harus mulai waspada. Sebab, sebuah studi menemukan meningkatnya nyeri leher dan punggung akibat smartphone bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Hal itu tidak hanya berisiko pada orang dewasa, tapi juga anak-anak. Namun, orang tua perlu mewaspadai efek negatif yang ditimbulkan dalam jangka panjang. Terjadi peningkatan jumlah pasien yang terkena hernia diskus dan masalah keselarasan.

Hernia diskus merupakan kondisi medis yang melibatkan sobekan pada cincin luar diskus tulang belakang. Dalam beberapa kasus, cincin luar itu mungkin tidak sobek, tapi mengalami kerusakan yang sama dan menyebabkan gejala yang sama pula. Diskus tulang belakang berfungsi sebagai antal penyokong tulang belakang, yang bisa membentuk struktur tulang belakang saat ditumpuk bersamaan.

Diskus tulang belakang memiliki bagial luar tebal dan kokoh ynag melindungi bagian tengah yang lembut layaknya agar-agar. Ketika bagian luar dari diskus rusak, bagian tengah akan menonjol keluar, kondisi itulah yang dikenal sebagai hernia diskus yang bisa sangat menyakitkan karena memengaruhi saraf di dekatnya.

Baca Juga :   Korban Kekerasan Seksual Alami Gangguan Kecemasan hingga Upaya Bunuh Diri

Kondisi tersebut umumnya terjadi pada lansia, karena diskus tulang belakang mengalami degenerasi dari waktu ke waktu, hingga menyebabkan cincin luarnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Studi yang dipublikasikan di The Spine Journal menunjukkan dalam posisi netral melihat ke depan, berat kepala sekitar 4,5 hingga 5,4 kg dan pada posisi fleksi 15 derajat, rasanya seperti 12 kg. Tekanan pada tulang belakang tersebut meningkat secara bertahap, dan pada 60 derajat beratnya menjadi 27 kg.

Baca Juga :   Hasil Survei: 63 Persen Masyarakat Menganggap Kesehatan Mental Kurang Ideal

“Dalam sinar-X, leher biasanya melengkung ke belakang dan apa yang kami lihat adalah kurva dibalik saat orang melihat ponsel mereka selama berjam-jam setiap hari,” ujar Dr. Todd Lanman, penulis studi yang juga merupakan seorang ahli bedah tulang belakang, dikutip Senin (21/11/2022).

Selain itu, Jason menuliskan, orang yang sering melihat ke bawah atau menunduk saat memakai ponsel ketika browsing atau menonton video, dampak pada tulang belakangnya meningkat hingga membuat postur tertekuk lebih tinggi.

Para peneliti menyarankan untuk mengubah gaya hidup sederhana demi menghilangkan stres dari postur ‘text neck’. Peneliti menyarankan memegang ponsel di depan wajah atau setinggi mata saat berkirim pesan, browsing, maupun melihat video. Selain itu, peneliti juga menyarankan penggunaan dua tangan dan ibu jari untuk menciptakan posisi tulang belakang yang lebih simetris dan nyaman.

Baca Juga :   Pandemi, Bikin Anak Kecanduan pada Gadget

Di luar pengguna smartphone, ahli bedah tulang belakang merekomendasikan agar orang yang bekerja di depan komputer maupun tablet, menggunakan dudukan monitor yang ditinggikan. Sehingga posisinya sejajar dengan mata horizontal alami. Untuk yang bekerja sambil duduk, peneliti merekomendasikan menyelaraskan leher dan tulang belakang dengan memeriksa apakah telinga berada d atas bahu dan bahu berada di atas pinggul. (*/els)

MIXADVERT JASAPRO