Kunjungan Wisman ke Indonesia pada September 2022 Meningkat 10,8 Persen

JagatBisnis.com – Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia meningkat signifikan pada September 2022. Jumlahnya mencapai 538 ribu pengunjung atau meningkat 10,8 persen. Sedangkan, pada periode bulan yang sama di tahun sebelumnya, jumlah kunjungan wisman hanya mencapai 5,5 persen.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Kamis (10/11/2022).

Dia menjelaskan, dengan capaian di bulan September itu, maka akumulasi total kunjungan sepanjang 2022 adalah 2,4 juta pengunjung. Di samping itu, keterisian bangku transportasi udara hingga okupansi hotel juga ikut meningkat seiring dengan kenaikan jumlah wisman tersebut. Terdapat lima penyumbang wisatawan mancanegara yang paling banyak datang ke Indonesia yaitu Australia, Singapura, Malaysia, India, dan Inggris.

Baca Juga :   Menparekraf Berharap Kopi Kaliangkrik asal Magelang Naik Kelas

“Berarti tiga bulan ke depan, di mana kalau misalnya kita bisa Oktober, November, Desember masing-masing tetap di angka 500 ribu. Maka, kita akan mendapat tambahan satu setengah juta, ditambah 2,4 juta. Kemungkinan kita mendekati angka 23,9 sampai 4 juta. Mudah-mudahan sampai di atas target ambang batas atas,” papar Sandiaga. (*/eva)